Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, YBM PLN Bangun Desa Bercahaya

  • 30-12-2019 / 14:55 WIB
  • Kategori:Malang
Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, YBM PLN Bangun Desa Bercahaya

Malangpostonline.com – Yayasan Baitul Maal Perusahaan Listrik Negara (YBM PLN) Jawa Timur (Jatim) bersama YBM PLN UP3 Malang dukung pemberdayaan masyarakat dengan membangun Desa Bercahaya” di Dukuh Baran, Kelurahan Buring, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, Senin (30/12).

Desa Bercahaya merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat YBM PLN yang bertujuan untuk mendorong pembangunan sosial ekonomi masyarakat desa secara mandiri. Sebanyak 5000 bibit pepaya california dan santunan 200 paket sembako dibagikan secara gratis oleh YBM PLN untuk warga.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jatim Bob Saril mengatakan, kami melihat bahwa kampung disini memiliki potensi yang besar, tanah yang subur dan banyak buah-buahan tumbuh.

“Maka dengan pemberian bibit pepaya ini, kami berharap kampung ini akan semakin dikenal dan menjadi eduwisata kampung buah bercahaya,” kata Bob, sapaan akrabnya kepada Malang Post.

Dijelaskannya, bibit pepaya dan paket sembako ini berasal dari dana zakat para pegawai muslim PLN melalui kebijakan direksi yang memfasilitasi pemotongan zakat sebesar 2,5 persen per bulan dari penghasilan pegawai secara otomatis terpusat.

“Total dana yang diberikan untuk program pemberdayaan masyarakat desa bercahaya Dukuh Baran, Kelurahan Buring ini PLN menggelontorkan sebesar Rp 60 juta,” lanjut Bob.

Menurutnya, kenapa memilih memberikan bibit pepaya karena tanaman ini lebih cepat tumbuh, hasil buahnya bagus, dan banyak penggemarnya.

“Sehingga hasil dari buah tersebut nantinya bisa menjadi tambahan ekonomi masyarakat itu sendiri,” katanya.

Lebih lanjut, dalam aksi ini YBM PLN berkerjasama dengan Koramil Kedungkandang, Kecamatan Kedungkandang, Kelurahan Buring dan Pondok Pesantren Manajer Tholabie.

“Ini sangat bagus, karena bersinergi penuh dengan semua pihak yang terlibat untuk memperdayakan masyarakat dan membangun kampung ini menjadi ekowisata buah-buahan,” pungkasnya.

Sementara itu, pengasuh pondok Pesantren Manager Tholabie Nuril Asyuhuri menyampaikan rasa terima kasihnya kepada YBM PLN, karena kehadirannya merupakan sebuah anugerah yang luar biasa bagi kami.

“Tentu kehadiran YBM PLN akan mendorong lebih cepat program Ekowisata Kampung Buah Bercahaya. Selain itu juga kontribusi ini memberikan kesejahteraan rakyat untuk lebih hidup mandiri,” lukas Nuril. (mp4/Malangpostonline.com)

Editor : Agiem
Uploader : irawan
Penulis : Agiem
Fotografer : Agiem

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU