Selain Kebakaran, Damkar Evakuasi Sarang Tawon

  • 03-01-2020 / 15:38 WIB
  • Kategori:Malang
Selain Kebakaran, Damkar Evakuasi Sarang Tawon

Malangpostonline.com - Selain memadamkan api, petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Malang juga melakukan evakuasi terhadap sarang tawon. Selama beberapa hari belakangan, setidaknya ada tiga sarang tawon yang berhasil dievakuasi.

Kebanyakan, sarang tawon yang dievakuasi di Jalan Kyai Parseh Jaya, Jalan Nusakambangan dan Jalan Tenes, Kota Malang itu berjenis tawon ndas (vespa affinis). Jika tidak dievakuasi, sengatan tawon ini sangat berbahaya, bahkan bisa menyebabkan kematian.

Danru 3 Damkar Kota Malang, Bambang Edi mengungkapkan, evakuasi sarang tawon itu dilakukan berdasarkan laporan dari warga. Setelah itu, tim langsung melakukan koordinasi dan melakukan persiapan awal. "Mulai dari melakukan persiapan peralatan penunjang. Seperti wearpack, helm, kapas dan lainnya," terang dia.

Setelah itu, tim langsung mendatangi lokasi dan mengidentifikasi jenis tawon tersebut. Kemudian, menentukan langkah-langkah dan akses untuk menjangkau sarang tawon itu. "Tim langsung bergerak untuk menutup akses keluar masuk tawon. Caranya, menggunakan kapas yang dibasahi dengan BBM," papar dia.

Setelah itu, tim Damkar langsung mengangkat sarang tawon dan membersihkan sisa-sianya. "Kami langsung angkat dan amankan sarang tawonnya," papar dia.

Pengerjaan evakuasi sarang tawon tersebut melibatkan setidaknya lima orang tim dalam jangka waktu tertentu. "Ada yang dua jam, ada yang beberapa menit. Tergantung tingkat kesulitan dan akses menuju sarang tawonnya," tandas dia.(tea)

Editor : tea
Uploader : slatem
Penulis : tea
Fotografer : tea

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU