Marak Bencana Alam, Pangdiv Minta Yonkes 2 Kostrad Siaga

  • 07-01-2020 / 14:57 WIB
  • Kategori:Malang, Kabupaten
Marak Bencana Alam, Pangdiv Minta Yonkes 2 Kostrad Siaga CEK : Pangdivif 2 Kostrad Mayjen TNI Tri Yuniarto saat mengecek kesiapan Yonkes 2 Kostrad Karangploso.

Malangpostonline.com - Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad Mayjen TNI Tri Yuniarto, S.AP, M.Si, M.Tr (Han), meminta semua kesatuan untuk siaga dan siap diterjunkan dalam penanggulangan bencana. Hal ini ditegaskan Tri Yuniarto saat pengecekan kesiapan Satuan Yonkes 2 Kostrad Karangploso.

Pengecekan kesiapan meliputi kesiapan personel dan materiil. Untuk memantau kesiapan anggota Yonkes 2 Kostrad, digelar apel pengecekan oleh panglima. Hal ini merupakan bentuk kesiapan satuan dalam menghadapi tantangan tugas yang akan dihadapi khususnya dalam rangka penanggulangan bencana alam yang saat ini marak terjadi di wilayah Indonesia.

Pangdivif 2 Kostrad menyampaikan bahwa saat ini hampir seluruh wilayah Indonesia sudah masuk ke musim penghujan. Sehingga berdasarkan data kejadian bencana alam yang terjadi tahun-tahun sebelumnya menunjukkan bahwa ada beberapa kawasan di Indonesia yang sangat rawan terhadap bencana alam.

Baik bencana alam berupa banjir, tanah longsor, gempa bumi maupun tsunami. “Dampak dari bencana tersebut akan sangat berdampak pada kondisi infrastruktur, perekonomian, gejolak sosial dan juga secara psikologis terhadap masyarakat,” ungkap Tri Yuniarto. Lebih lanjut Pangdivif 2 Kostrad menyampaikan bahwa perlu ada pengecekan sejauh mana kesiapan personel maupun materiil Yonkes 2 Kostrad dalam bertindak.

Terutama, apabila sewaktu-waktu terjadi musibah bencana alam supaya anggota Yonkes 2 Kostrad beserta peralatannya, siap diterjunkan ke sasaran. Beberapa materiil ditinjau kesiapannya guna penanggulangan bencana alam meliputi modul rumah sakit lapangan, tempat pengobatan brigade (Patobrig), mobil bedah lapangan, kendaraan angkut personel, dan kendaraan ambulance.

Komandan Batalyon Kesehatan 2 Kostrad Mayor Ckm dr. Ayiq Mahmud, Sp. OT (K) Spine mengatakan, bencana alam tidak dapat diprediksi kapan dan dimana akan terjadi. Hanya saja, latihan dan kesiagaan setiap saat akan membantu personel Yonkes 2 Kostrad untuk tanggap cepat ketika situasi darurat tiba.

“Namun demikian agar lebih siap siaga menangani dan dapat meminimalisir dampak yang terjadi, menuntut kami harus mampu menguasai pengoperasian peralatan dengan terampil dan juga harus siap bergerak dengan cepat dan tepat guna keselamatan masyarakat,” ungkapnya.(fin)

Editor : fin
Uploader : slatem
Penulis : fin
Fotografer : fin

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU