Kapolresta Leo Segera Luncurkan Jogo Ngalam

  • 08-01-2020 / 23:29 WIB
  • Kategori:Malang
Kapolresta Leo Segera Luncurkan Jogo Ngalam SINERGI: Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata (1) memberikan cenderamata kepada Direktur Malang Post Dewi Yuhana (2) didampingi Pemred Malang Post Abdul Halim (3), Kasat Intel Polresta Malang Kota Kompol Sutiono (4), Kasubbag Humas Polresta Makota Iptu Ni Made Seruni Marhaeni (5) dan Kapolsek Kedungkandang Kompol Pujiharto (6), Rabu (8/1).

MALANG-Warga Kota Malang akan mendapat kemudahan dalam mengurus layanan administrasi kepolisian. Kepala Kepolisian Resor Kota Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata segera meluncurkan aplikasi Jogo Ngalam. Tak hanya untuk urusan keamanan, aplikasi itu bahkan juga bisa mengakses penggarapan naskah ujian SIM. Hal itu ia tegaskan ketika bertemu jajaran redaksi Korane Arek Malang ini di Graha Malang Post, Rabu (8/1) kemarin.

"Aplikasi ini sudah bisa didownload di android. Ini untuk mempermudah masyarakat yang butuh pelayanan kepolisian," tegas Leo sapaan akrabnya.

Dalam aplikasi tersebut, akan mempermudah masyarakat untuk mendapatkan pelayanan polisi. Aksesnya cukup mudah, dengan mendaftarkan nomor e-KTP dan masyarakat tinggal mengisi formulir pelayanan yang dibutuhkan. Mulai dari pengurusan SKCK, laporan kehilangan melalui SPKT hingga pelayanan SIM. 

"Termasuk terkait soal untuk praktik pembuatan SIM juga tersedia, terupdate dari Korlantas Mabes Polri," lanjut dia.

Setelah mengisi formulir itu, masyarakat akan mendapatkan barcode dan discan di kantor pelayanan. "Jadi, masyarakat yang datang tinggal print. Sehingga, tidak butuh waktu lama di kantor polisi," jelas dia.

Serta, dilengkapi juga dengan panic button yang akan terkoneksi dengan kantor kepolisian. "Jika ada masyarakat yang butuh bantuan polisi tinggal pencet tombol tersebut dan kami langsung datang," jelas mantan Waka Polrestabes Surabaya ini.

Termasuk, lanjut dia, laporan masyarakat terkait kemacetan jalan, keributan dan kecelakaan bisa dilaporkan melalui aplikasi itu. "Nanti, kami akan memberikan respon dan jawaban juga," lanjut dia.

Dia menambahkan, aplikasi tersebut masih dalam tahap pengembangan dan evaluasi. "Nanti kami akan segera launching pada bulan Februari atau Maret. Saat ini, sementara masih andorid dulu. Tiga bulan lagi baru bisa untuk iOS (iPhone)," tandas dia.

Selain meluncurkan aplikasi Jogo Ngalam, Polresta Malang Kota juga akan meluncurkan mobil pelayanan masyarakat. Nantinya, layanan tersebut akan berkeliling di kantor kecamatan untuk memudahkan masyarakat.

"Dalam mobil layanan ini, ada pelayanan untuk SKCK dan pembuatan laporan kehilangan. Serta, pelayanan perpanjangan SIM," terangnya.

Nantinya, pelayanan tersebut akan berkeliling setiap hari di Kantor Kecamatan atau Kelurahan. "Nanti lokasinya ada di mana, akan diumumkan melalui aplikasi Jogo Ngalam. Di mana lokasinya dan apa kebutuhan masyarakatnya," jelas dia.

Selain itu, pihaknya juga akan launching cashless payment. "Ini untuk pelayanan tilang dan kebutuhan pembayaran lainnya. Nanti kami akan bekerjasama dengan perbankan," tandas dia.(tea/ary)

Editor : Ary
Uploader : angga
Penulis : tea
Fotografer : Ipunk

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU