Proyek Jembatan Kedungkandang Siap Dilelang, Akhir 2020 Selesai Dikerjakan

  • 09-01-2020 / 21:09 WIB
  • Kategori:Malang
Proyek Jembatan Kedungkandang Siap Dilelang, Akhir 2020 Selesai Dikerjakan Ilustrasi kondisi kawasan jembatan Kedungkandang yang akan segera dimulai proyeknya.

Malangpostonline.com - Proyek Jembatan Kedungkandang sudah memasuki tahap pelaksanaan. Dalam kurun waktu dua pekan ke depan, Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPRPKP) Kota Malang akan mengumumkan lelang proyek Jembatan Kedungkandang ini.

“Ya dalam pekan ini hingga pekan depan kita umumkan dulu lelang untuk jasa konsultannya. Tapi besok kita akan bertemu dulu dengan LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah) untuk checking dokumen lelang sebelum diupload,” papar Kepala DPUPRPKP Kota Malang Ir Hadi Santoso saat ditemui di kantornya, Kamis (9/1).

Ia menyampaikan konsep fisik dari Jembatan Kedungkandang tidak banyak berubah dari konsep DED (Detail Engineering Design) sebelumnya. Panjang jembatan yang akan dibangun membentang dari pertigaan Jl Ki Ageng Gribig-Muharto sampai ke Jl Mayjen Sungkono ini adalah 320 meter. Dengan lebar jembatan 14 meter. Kemudian akan dibangun pula trotoar di sisi kanan-kiri jembatan dengan lebar masing-masing 1 meter.

“Nanti jembatan yang lama tetap difungsikan. Tidak dibongkar. Itu akan dijadikan jalur untuk u-turn di bawah jembatan baru,” papar Soni sapaan akrab pria berkamcata ini.

Kemudian, ia melanjutkan sebelumnya beberapa agenda tambahan dilakukan dalam konstruksi jembatan Kedungkandang. Pihaknya bersama dengan tim ahli teknis dari Universitas Brawijaya (UB) telah mengukur kondisi tanah dan fondasi awal jembatan tersebut.

Hasilnya memang perlu penguatan di sisi-sisi fondasi setelah sebelumnya dibuat dan mangkrak bertahun-tahun lamanya. “Kita akan beri penguatan di fondasi sambil mengukur lagi kekuatan tanah disana. Karena kan kekuatan tanah sekarang berbeda dengan beberapa tahun sebelumnya,” tegasnya.

Soni menegaskan dalam bulan ini lelang jasa konstruksi sudah masuk dan diumumkan di LPSE (Lembaga Pengadaan Secara Elektronik) Kota Malang. Kemudian dalam kurun waktu kurang lebih satu bulan hingga pemenang tender didapatkan maka barulah pengerjaan fisik dilakukan.

Ia menegaskan kembali pengerjaan proyek Jembatan Kedungkandang merupakan prioritas di 2020. Maka ia berharap proses berjalan lancar sehingga sebelum akhir tahun ini Jembatan Kedungkandang selesai dikerjakan.

“Karena kita juga menyambut dioperasikannya exit tol maka kami persiapkan juga jembatan ini sesuai klasifikasi jalan kelas 1. Muatannya bisa 50 ton kemampuannya,” pungkas Soni. (ica/bua)

Editor : bua
Uploader : slatem
Penulis : ica
Fotografer : Firman

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU