Sedekah Oksigen, Ini yang Dilakukan Muspika Sukun Bersama Wawali Kota Malang

  • 10-01-2020 / 13:50 WIB
  • Kategori:Malang
Sedekah Oksigen, Ini yang Dilakukan Muspika Sukun Bersama Wawali Kota Malang Wakil Wali Kota Sofyan Edi Jarwoko melakukan Gerakan sedekah Oksigen dengan menanam bibit Pohon Sukun di TPU Nasrani Sukun, Jumat (10/1)

Malangpostonline.com - Gerakan sedekah yang digencarkan Pemkot Malang tidak hanya dilakukan dengan mengumpulkan dana saja, Jumat (10/1) kemarin, Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko bersama Muspika Sukun menggelar gerakan sedekah oksigen. Tempatnya pun bukan ditempat yang biasa, tapi di TPU Nasrani Sukun.

Area makam yang ada sejak zaman Belanda itu ditanami 684 bibih pohon beragam jenis.

Penanaman pohon itu bagian dari sedekah oksigen  dari seluruh jajaran pejabat, masyarakat dan komunitas/kelompok masyarakat Kecamatan Sukun dan Kota Malang secara keseluruhan.

Wakil Wali Kota Malang Ir Sofyan Edi Jarwoko memulai Gerakan “Sedekah Oksigen” ini bersama perangkat Kecamatan Sukun, kelurahan, kepolisian, TNI, mahasiswa hingga UPT Makam Sukun dengan menanam bibit pohon di sekeliling area makam.

“Ini namanya juga sedekah. Karena pohon menghasilkan oksigen yang menjadi hal utama dalam kehidupan manusia. Dan mahluk dapat menikmatinya. Akan sangat baik juga kita memperhatikan itu,” tegas Sofyan Edi.

Dalam kegiatan ini sebanyak 400 bibit pohon mahoni, 100 bibit pohon sukun, 59 bibit pohon kopi, 100 bibit pohon kelor dan bibit tanaman buah lainnya ditanam. Pohon-pohon ini akan tumbuh dan dipelihara dengan harapan dapat menjadikan lingkungan lebih baik.

Ia menegaskan Gerakan Sedekah Oksigen akan diimbau lebih luas agar pengelola makam seluruh Kota Malang dapat melakukan hal serupa.

“Tidak hanya itu. Nanti akan kami imbau pula misal instansi lain atau dinas-dinas Pemkot  membuat gerakan yang sama. Misalnya di kampus bisa diterapkan setiap mahasiswa baru menyumbang satu bibit pohon,” papar pria yang memiliki kebun kopi ini.

Sofyan Edi menyampaikan lagi, ia sangat mengapresiasi pihak-pihak yang sudah menginisiasi kegiatan ini tanpa diminta, diantaranya perangkat  kecamatan, Polisi, TNI, UPT Tempat Pemakaman Umum, hingga mahasiswa.

Camat Sukun Ketut Widi E Wirawan menjelaskan, program ini memang dilakukan sebaagi bentuk kepedulian bersama akan kepedulian.

“Selain itu ini juga menjadi upaya antisipasi akan bencana juga meningkatkan kesadaran warga sekitar akan pentingnya menjaga lingkungan,” tegasnya. (ica/aim)

Editor : aim
Uploader : rois
Penulis : ica
Fotografer : Ipunk

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU