Kekuatan Pasar Besar Mulai Diuji

  • 10-01-2020 / 18:32 WIB
  • Kategori:Malang
Kekuatan Pasar Besar Mulai Diuji

Malangpostonline.com - Rencana realisasi revitalisasi Pasar Besar masih jauh pelaksanaannya. Akan tetapi sudah mulai memasuki tahapan selanjutnya. Jumat (10/1) tim ahli dari Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya mengunjungi lokasi Pasar Besar.

Kedatangan mereka memang sesuai permintaan Pemkot Malang sebelumnya yakni untuk menjadi tim ahli dalam menentukan apakah Pasar Besar masih layak untuk diperbaiki atau harus dilakukan revitalisasi total.

“Betul mulai dari kemarin (Kamis 9/1) Tim ITS mengadakan ujian kekuatan bangunan di Pasar Besar,” tegas Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kota Malang Drs Wahyu Setianto saat dikonfirmasi.

Ia mengatakan tim ITS berjumlah 8 orang melakukan pengujian di tiap sisi gedung Pasar Besar yang memang menjadi penopang vital bangunan. Utamanya pula dilakukan uji kekuatan di beberapa bagian pasar yang sebelumnya mengalami kejadian kebakaran.

Rencananya Tim ITS ini masih akan melakukan uji kekuatan dengan mengambil sample struktur bangunan hingga hari ini, Sabtu (11/1).

“Mereka disana sampai besok (hari ini,red). Setelah mengukur itu nanti barulah rekom akan dibuat oleh tim agar menjadi acuan kita,” papar Wahyu.

Diketahui beberapa hal yang diuji pada struktur kekuatan bangunan Pasar Besar ini diantaranya adalah mengukur berapa temperatur tertinggi yang dialami elemen struktur pada saat kebakaran terjadi.

Kemudian tim juga akan mengukur kekuatan sisa struktur bangunan pasca kebakaran dan sampai kategori berapakah struktur bangunan ini telah mengalami kerusakan.

“Kurang lebih waktu mereka menyusun rekom setelah selesai mengambil sample di lokasi Pasar Besar adalah 3 minggu kedepan. Karena sample diambil dan diuji kembali di Laboratorium ITS,” tandas mantan Kasatpol PP Kota Malang ini.

Sementara itu menurut catatan Malang Post Pasar Besar memang sudah mengalami bencana kebakaran beberapa kali, yang terparah terjadi pada Tahun 2016 silam. Hampir sebagian besar bagian pasar terbakar dan melumpuhkan kegiatan yang ada disana beberapa waktu.

Akibat kebakaran ini gedung tidak lagi dapat berfungsi maksimal. Karena butuh banyak perbaikan. Meski begitu revitalisasi belum dapat dianggarakan karena masih menunggu rekomendasi tim ahli. (ica)

Editor : ica
Uploader : slatem
Penulis : ica
Fotografer : Ipunk

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU