Pasar Bareng Diperkuat Menjadi Pasar Seni

  • 11-01-2020 / 19:04 WIB
  • Kategori:Malang
Pasar Bareng Diperkuat Menjadi Pasar Seni Bursa dan Pameran Seni Rupa Tahun 2020 di Pasar Bareng, Sabtu (11/1) dihadiri Wali Kota Malang Sutiaji untuk kembali melihat masa depan Pasar Bareng yang diproyeksikan menjadi Pasar Seni

Malangpostonline.com – Lantai 3 Pasar Bareng yang dideklarasikan menjadi Pasar Seni akan semakin menggeliat dengan kegiatan seni dan jual beli barang dan karya seni. Paguyuban Pasar Seni Bareng akan terus menggeliatkan kegiatan seni di pasar itu. Seperti pada Sabtu (11/1) kemarin, dengan menggelar Bursa dan Pameran Seni Rupa.

Sekitar 90 lukisan hasil karya seniman dan pelaku seni Kota Malang dipamerkan di lantai 3 Pasar Seni Bareng. Kegiatan itu pun di hadiri Wali Kota Malang Sutiaji.

 “Harapannya Malang ini punya destinasi pasar seni yang benar ada. Pasar Seni bisa jadi tempat berekspresi, tukar informasi dan pusat pengembangan ekonomi kreatif dan kerakyatan. Untuk menggairahkan kembali, kami membuat kegiatan ini,” kata salah satu anggota paguyuban, Djoko Rendy di sela Bursa dan Pameran Seni Rupa Pasar Seni Bareng.

Pria yang juga Ketua Komunitas Lintas Seni Budaya Kota Malang berharap Pemda dapat melihat potensi yang ada di komunitas seniman Kota Malang  yang sangat besar. Di Pasar Seni Bareng ada  15 stan diisi produk seni asli Kota Malang.

Hanya saja, selama ini pedagang masih merasakan pasar belum representatif dikembangkan untuk menarik perhatian warga atau wisatawan yang berkunjung ke Kota Malang.

“Pemda bisa mengarahkan tamu-tamu luar kota untuk datang kesini melihat apa yang ditawarkan. Disini juga kita ada edukasi membatik, buat topeng dan lainnya,” terang Djoko.

Menanggapi hal ini, Wali Kota Malang Drs H Sutiaji yang juga hadir untuk membuka pameran seni ini mengakui, kegiatan yang dilakukan pedagang Pasar Seni Bareng dengan inisiatifnya sendiri merupakan tamparan bagi pemda.

Ia menegaskan, setelah diresmikan memang Pasar Seni Bareng tidak memperlihatkan identitas sebagai Pasar Seni.

“Dilihat dari luar memang tidak ada ciri khasnya. Ke depan ini kita evaluasi. Dan memang rencananya akan diubah tampak depannya dibuat lebih cantik,” tegas Sutiaji.

Ia menegaskan, beberapa bagian pasar juga perlu ditata agar lebih representatif, seperti penataan toilet, tempat kurang diberi ornament cantik dan menarik, serta diperlukan juga perbaikan manajemen.

Ke depannya pula produk seni yang dipasarkan di Pasar Seni Bareng akan dihubungkan dengan kegiatan wisata heritage di Kayutangan. Akan diberi tempat display di kawasan Kayutangan yang memberi contoh produk seni dari Pasar Seni Bareng.

“Ketika mereka nanti mau beli akan disuruh datang ke Pasar Bareng,” pungkasnya. (ica/aim)

Editor : aim
Uploader : slatem
Penulis : ica
Fotografer : Firman

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU