Buka Wisata Kampung, Dongkrak Perekonomian Warga

  • 12-01-2020 / 13:45 WIB
  • Kategori:Malang
Buka Wisata Kampung, Dongkrak Perekonomian Warga TANAM POHON: Wali Kota Malang, Sutiaji ketika menanam pohon di Dukuh BaranĀ  Kecamatan Kadungkandang, Minggu (12/1).

Malangpostonline.com - Kota Malang memiliki wahana wisata baru, yakni Kampung Buah yang terletak di Dukuh Baran, Kelurahan Buring, Kecamatan Kedungkandang. Pembukaan wisata dengan konsep nuansa pedesaan itu ditandai dengan penanaman 10 ribu bibit pohon pepaya, Minggu (12/1).

Wahana wisata tersebut diinisiasi oleh Pesantren Manajer Tholabie dengan tema Kampung Buah Bercahaya. "Kawasan ini memiliki tempat yang sangat strategis dan memiliki potensi yang luar biasa. Dukuh Baran masih sangat sejuk," terang Pengasuh Pesantren Manajer Tholabie, Nuril Ashuri.

Nantinya, warga sekitar akan menanam berbagai jenis pohon buah. Sehingga, diharapkan bisa mendongkrak perekonomian warga sekitar. "Dengan adanya kampung buah ini, warga bisa mandiri. Sehingga, bisa memperbaiki perekonomian mereka," lanjut dia.

Untuk menarik , pihaknya juga akan menerapkan komunal branding. "Semua masyarakat akan ikut terlibat dalam branding. Sehingga, mereka bisa menikmati dan merasakan hasilnya bersama-sama," lanjut dia.

Sementara itu, Wali Kota Malang, Sutiaji memberikan apresiasi terhadap program tersebut. Sebab, kawasan kampung buah tersebut tidak hanya melibatkan warga sekitar. Namun, berbagai stakeholder. Seperti perguruan tinggi hingga TNI.

"Kegiatan ini seperti gayung bersambut. Sebelumnya, kami sudah menggencarkan urban farming. Dengan harapan, bisa mengurangi angka stunting," jelas dia.

Pria berkacamata itu juga meminta masyarakat sekitar untuk merawat tanaman tersebut. "Jangan hanya ditanam, harus dirawat juga. Serta, kami juga mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan untuk menanam tanaman," jelas dia.

Dia menambahkan, kawasan tersebut diharapkan menjadi pilot project bagi kawasan lain di Kota Malang. "Sehingga, bisa mendongrak perekonomian. Serta, mengajak masyarakat lainnya untuk aktif membuat inovasi," tandas dia.(tea)

Editor :
Uploader : 0
Penulis : tea
Fotografer : tea

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU