Sutiaji: Tidak Ada Kompensasi Pelanggan PDAM Terdampak

  • 20-01-2020 / 12:01 WIB
  • Kategori:Malang
Sutiaji: Tidak Ada Kompensasi Pelanggan PDAM Terdampak

Malangpostonline.com - Tuntutan pelanggan PDAM Kota Malang terkait kompensasi pada 30 ribu pelanggan yang terdampak gangguan aliran air tidak akan terkabul.

Opsi ini bahkan tidak menjadi bahasan baik jangka pendek maupun jangka panjang. Hal ini ditegaskan Wali Kota Malang Sutiaji, Senin (20/1) saat dikonfirmasi soal permintaan warga terkait kompensasi tagihan penggunaan air bulan ini.

"Itu dasarnya apa dulu? Coba apa dasarnya beri kompensasi?," tegas Sutiaji.

Menurut Sutiaji, tuntutan warga meniadakan tagihan selama bulan terdampak gangguan aliran air atau memotong beberapa persen tagihan bulan ini tidak memiliki ukuran jelas.

Ditegaskan Sutiaji, tidak ada protap atau aturan hingga dasar hukum pemda dapat melakukan hal tersebut. Maka dari itu opsi pemberian kompensasi seperti yang dituntut warga tidak akan dilakukan dan tidak dibahas secara serius.

"Kita tidak mengarah kesana. Karena ini musibah," tandasnya.

Sementara itu memasuki pekan kedua warga terdampak, gangguan aliran air masih terjadi. Kawasan pemukiman yang berada di dataran tinggi seperti Perum BTU, Kalisari, Rusunawa Buring, kawasan Wonokoyo, dan banyak lainnya masih belum teraliri air sama sekali.

Meski begitu Dirut Perumda Tugu Tirta Kota Malang M Nor Muhlas menyampaikan berangsur-angsur air mulai mengalir meski debit masih kecil.

"Dari total terdampak yang 10 ribu pelanggan sekarang total 3.522 saluran sudah mulai teraliri," paparnya.

Hal ini bisa dilakukan karena perbaikan pipa jebol di dua titik kawasan Pulungdowo sudah mulai normalisasi. Hanya saja belum maksimal karena tekanan air harus dikurangi sehingga debit air pun belum besar. (ica/aim)

Editor : aim
Uploader : slatem
Penulis : ica
Fotografer : Ipunk

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU