Bakal Sidak dan Anggarkan Lagi Bus Macyto

  • 21-01-2020 / 20:27 WIB
  • Kategori:Malang
Bakal Sidak dan Anggarkan Lagi Bus Macyto

Malangpostonline.com - Komisi D DPRD Kota Malang menganggap pemda lambat dalam menaggapi permintaan warga Kota Malang terhadap nasib Bus Malang City Tour (Macyto) Kota Malang.

Inilah mengapa dalam waktu dekat Komisi D DPRD Kota Malang akan melakukan inpeksi mendadak juga melihat kembali rencana apa yang dilakukan pemda untuk dapat mengembalikan Macyto kepada warga Kota Malang.

Hal ini ditegaskan Anggota Komisi D DPRD Kota Malang H Rokhmad, Selasa (21/1) kepada Malang Post. Ia menjelaskan banyak menerima pertanyaan dari warga terhadap nasib bus ikonik berwarna hijau tersebut.

“Kita semau tahu bus ini jadi kebanggaan Kota Malang. Antusiasme warga kota bahkan pendatang (wisatawan) juga besar. Semua suka toh. Hanya saja di satu sisi memang, bus ini harus jelas speknya,” papar Rokhmad.

Menurutnya “mengandangkan” Bus Macyto untuk kemudian diperbaiki dan dirubah speknya sehingga sesuai dengan standar keselamatan kendaraan yang diminta sangatlah tepat. Hanya saja kerja pemda lamban.

Politisi PKS ini memandang jika keberadaan Bus Macyto dinantikan kembali oleh banyak kelompok masyarakat, maka hal ini harus diprioritaskan oleh pemda.

“Kalau untuk masyrakat kan pasti bisa saja, dipercepat. Panggilah Dishub (Dinas Perhubungan), lalu Dinas Perizinan (Disnaker DPMPTSP,red) dikoordinasikan agar bisa cepat selesai urusannya,” tegasnya.

Dengan fakta bahwa hingga saat ini Bus Macyto masih mangkrak tak beroperasi, maka hal ini menunjukan pemda tidak serius memberikan pelayanan terbaik bagi masyrakatnya. Dalam waktu dekat hal ini akan menjadi pembahasan Komisi D, tambahnya.

Hal senada juga diungkapkan Anggota Komisi D DPRD Kota Malang Amithya Ratnanggani saat dimintai pendapatnya. Menurut politisi yang akrab disapa Mia ini, Pemda belum memberikan prioritas pada perbaikan Bus Macyto.

“Ini masalah prioritas emmang. Seharusnya tidak sulit memutuskan dinas mana yang bisa ditunjuk untuk mengelola bus Macyto ini,” tegasnya menanggapi fakta lain bahwa operasional Bus Macyto belum ditentukan akan diampu perangkat daerah mana.

Menurutnya pemda dengan cepat bisa menentukan kegunaan dari bus tersebut. Jika untuk kepentingan wisata pasti akan diampu oleh Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata. Konsepnya dijelaskan kemudian langsung dikerjakan.

Meski begitu Politisi PDI Perjuangan ini mengungkapkan keberadaan Bus Macyto memang masih diharapkan banyak warga Kota Malang. Maka dari itu pengawalan, khususnya penyediaan anggaran kedepan akan dikawal.

“Karena anggaran 2020 sudah tersusun maka untuk 2021 inshaaAllah akan kami perjuangkan,” pungkasnya. (ica)

Editor : ica
Uploader : slatem
Penulis : ica
Fotografer : Guest

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU