Prof Bisri: Tokoh Masyarakat Berperan Besar Atasi Banjir

  • 24-01-2020 / 13:33 WIB
  • Kategori:Malang
Prof Bisri: Tokoh Masyarakat Berperan Besar Atasi Banjir KURANGI BANJIR: Peran warga dan tokoh masyarakat sangat bessr untuk atasi banjir.

Malangpostonline.com - Selain melakukan pembersihan drainase dari sampah dan sedimen, warga dan tokoh masyarakat juga mekiliki peran yang cukup besar. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Tim Pertimbangan Percepatan Pembangunan Daerah Kota Malang, Prof. M. Bisri di sela kegiatan Gerakan Angkut Sampah Sedimen (GASS) di Kelurahan Penanggungan, Kecamatan Klojen, Jumat (24/1).

"Selama ini, masalahnya adalah pembiaran. Banyak pihak RT atau RW yang sungkan negur warganya ketika membangun atau membuang sampah. Ini harus diubah, ini untuk kepentingan masyarakat yang lebih besar," terang dia.

Menurutnya, untuk mengatasi banjir, masyarakat harus sadar untuk tidak membuang sampah sembarangan."Termasuk untuk bangunan, pembangunannya bisa digeser, agar tidak mengenai saluran air," papar dia.

Sebab, selama ini, ketika hujan deras melanda Kota Malang, banyak titik yang mengalami banjir. Hal tersebut, menurut Bisri, bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor. "Bisa jadi karena saluran drainase tertutup seiring dengan berkembangnya penduduk. Serta, lahan yang dibuat pembangunan juga banyak," lanjut dia.

Sementara, jumlah drainase tidak bertambah. Untuk itu, harus dievaluasi. "Kita lakukan upaya GASS ini. Kemudian, harus ada perombakan drainase sesuai laporan di setiap kelurahan," papar dia.

Selain perombakan drainase, langkah paling efektif adalah oengadaan sumur injeksi dan perpanjangan saluran air. "Sehingga, air bisa dengan lancar mengalir. Kami juga butuh peran warga untuk mendukung ini," tandas dia.(tea)

Editor : tea
Uploader : rois
Penulis : tea
Fotografer : Ipunk

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU