Dinsos-P3AP2KB Dukung Program Sembako Murah 2020

  • 26-01-2020 / 17:41 WIB
  • Kategori:Malang
Dinsos-P3AP2KB Dukung Program Sembako Murah 2020 ilustrasi sembako murah

Malangpostonline.com - Belum lama ini, Kementrian Sosial (Kemensos) kembali menggencarkan Program Sembako Murah 2020, yang merupakan bentuk transformasi dari Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Atas kebijakan tersebut, Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Hak, Pengendalian Penduduk dak Keluarga Berencana (Dinsos-P3AP2KB) Kota Malang menyambut baik program tersebut.

Sekretaris Dinsos-P3AP2KB Kota Malang, Pipih Triastuti, mengungkapkan, untuk Program Sembako Murah 2020 itu, pihaknya masih belum mendapatkan petunjuk teknis (juknis) dan petunjuk pelaksanaan (juklak) terkait program itum

"Rapat dengan Kemensos baru saja selesai. Jadi, kami belum tau bagaimana teknisnya. Kalau yang sudah berlangsung ya BPNT itu," terang dia.

Sebelumnya, nilai bantuan dalam program BPNT yang diberikan kepada keluarga penerima manfaat (KPM) sebesar Rp 110 ribu per keluarga. Namun, dalam Program Sembako Murah, nilai bantuan naik Rp 40 ribu menjadi Rp 150 ribu per keluarga. Dalam program ini, tidak hanya beras dan telur ayam saja. Namun bertambah dengan ikan, daging ayam dan kacang-kacangan.

"Dengan kebijakan baru ini, masyarakat pasti tambah senang. Apalagi ada tambahan komoditi pangan lainnya. Bisa menambah taraf hidup mereka," kata dia.

Lebih lanjut, Pipih menguraikan, tahun ini, jumlah KPM penerima BPNT di Kota Malang tercatat 15.111 keluarga. Program BPNT tersebut sudah berjalan dari tahun 2017 lalu.

Sampai saat ini, Dinsos-P3AP2KB Kota Malang masih melakukan verifikasi dan validasi terkait KPM penerima BPNT secara rutin, yakni dua kali dalam satu tahun. Hal itu dilakukan agar BPNT tersalurkan tepat sasaran.

"Kalau BPNT itu kementerian kerjasama dengan BNI. Tinggal digesek saja, nanti ngambilnya di e-Warong berupa beras dan telor. Harus dibelanjakan di e-Warong," tandas dia.(tea)

Editor : tea
Uploader : slatem
Penulis : tea
Fotografer : Firman

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU