Empat Tahun, Nilai SAKIP Kota Malang Masih BB

  • 27-01-2020 / 17:13 WIB
  • Kategori:Malang
Empat Tahun, Nilai SAKIP Kota Malang Masih BB

Malangpostonline.com - Nilai BB masih dipertahankan Kota Malang dalam penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (SAKIP) hingga Tahun 2019 ini. Skor BB di Tahun 2019 ini menjadi kali ke empat Kota Malang mendapat skor tersebut sejak 2016, 2017, dan 2018 lalu.

Meski begitu hal tetap menjadi pemicu Kota Malang untuk semakin baik dalam akuntabilitas kinerja di lingkungan pemerintahannya.

Piagam penghargaan SAKIP Tahun 2019 baru saja diterima secara langsung oleh Wakil Walikota Malang, Sofyan Edi Jarwoko, pada acara SAKIP Awarding 2019 yang diselenngarakan Kementerian PAN RB RI di Hotel Inaya Puri, Kabupaten Badung, Bali, Senin (27/1).

"Ini (penghargaan) wujud dari komitmen Pemerintah Kota Malang untuk senantiasa mengedepankan kinerja yang berbasis pada mutu pelayanan publik dan outcome,” tegas Sofyan Edi.

Ia meneruskan, penghargaan yang masih belum meningkat nilainya selama bertahun-tahun ini patut disyukuri. Meskipun diakuinya masih banyak hal yang perlu terus ditingkatkan. Menurutnya kedepan roda pemerintahan akan dipacu agar Kota Malang dapat meraih skor tertinggi yakni Skor A.

Oleh karenanya perbaikan dan peningkatan mutu pelayanan terus dibangun yang salah satu instrumen yang bakal dilakukan di 2020 adalah memastikan sebagai mana pesan Gubernur Jatim. Bahwa program kegiatan tidak semata dikirimkan tapi benar benar diterima dan dirasakan secara langsung.

“Karenanya dokumen Lelang Kinerja terus kita cermati," ujar Sofyan Edi.

Diharapkan melalui lelang kinerja ia orientasi kerja pemerintah pada penerapannya semakin kuat,  target dapat terukur jelas dengan komposisi anggaran juga dapat jelas terukur pula.

Karenanya restrukturisasi SOTK di 2020 ini  juga  dilakukan untuk memeusatkan kerja lebih fokus, sehingga tidak terjadi tumpang tindih fungsi yang itu tentu menjadikan inefisiensi kerja serta outcomenya.

“Semoga tahun berikutnya dengan disertai langkah langkah tersebut, nilai A mampu kita raih,” pungkas pria berkacamata ini.

Sementara itu Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB)  RI menggelar ajang penyerahan hasil evaluasi akuntabilitas kinerja kepada 161 Provinsi dan Kabupaten/Kota Wilayah II, yang meliputi  pemprov dan kabupaten/kota di DKI,  Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur,  Kalimantan Utara,  Kalimantan Selatan,  Kalimantan Tengah, Lampung, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Setiap tahun Kementerian PANRB melaksanakan evaluasi atas implementasi SAKIP pada seluruh kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah. Guna mengukur perkembangan implementasi SAKIP serta melakukan pembinaan yang berkesinambungan di seluruh instansi pemerintah. (ica)

Editor : ica
Uploader : slatem
Penulis : ica
Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU