Pemkot Belum Data Warga Yang Ada di Wuhan

  • 28-01-2020 / 18:32 WIB
  • Kategori:Malang
Pemkot Belum Data Warga Yang Ada di Wuhan ilsutrasi: CNN Indonesia

Malangpostonline.com - Pemkot Malang ternyata belum memiliki jumlah data pasti tentang warga Kota Malang yang berada di Wuhan, China saat ini. Utamanya mereka yang sedang studi dan menjalani pendidikan disana.

Hal ini dijelaskan Sekda Kota Malang Drs Wasto saat dikonfirmasi, Selasa (28/1). Ia mengatakan saat ini sedang memastikan data tersebut.

“Saya belum dapat data pastinya ini masih dilakukan data ulang agar valid,” ungkap Wasto.

Ia menjelaskan hingga kemarin Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Malang sudah diinstruksikan untuk memvalidkan data. Caranya mengecek kembali data warga Kota Malang yang sedang berada di luar negeri khususnya di Negara China.

Koordinasi juga dilakukan dengan instansi lainnya. Karena berhubungan dengan keberadaan WNA, khususnya dari Kota Malang, bisa sedang studi atau juga bekerja. Meski begitu data tersebut belum didapat dengan jelas.

“Nanti setelah dapat laporan bisa langsung dikoordinasikan. Kami bakal data ulang lagi dan selanjutnya memastikan kondisi warga jika benar berada di Wuhan,” pria yang suka berolah raga jogging ini.

Sementara saat ditanya terkait upaya pemulangan, hal ini dikatakan Wasto juga akan dikoordinasikan langsung dengan pemerintah pusat. Karena protap dan prosedural pemulangan berada di kewenangan pusat.

Ia kembali menegaskan tentu saja jika situasi di Wuhan memungkinkan warga Indonesia, khususnya Malang bisa kembali ke Indonesia pasti akan dilakukan pemerintah.

“Jelas kami akan meminta mereka kembali. Tetapi ini kewenangan pusat. Dalam beberapa hari kedepan data akan di validkan terlebih dahulu,” punglas Wasto. (ica)

Editor : ica
Uploader : slatem
Penulis : ica
Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU