Akomodir Kebutuhan Disabilitas, Bappeda Gelar Musrenbang

  • 05-02-2020 / 11:38 WIB
  • Kategori:Malang
Akomodir Kebutuhan Disabilitas, Bappeda Gelar Musrenbang

Malangpostonline.com - Pelayanan publik ramah kaum disabilitas belum sepenuhnya dirasakan kaum disabilitas Kota Malang hingga saat ini. Salah satunya fasilitas infrastruktur yang menunjang belum maksimal.

Hal ini menjadi penekanan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Disabilitas Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Malang, Rabu (5/2) di Hotel Savanna.

Kepala Bappeda Kota Malang Dwi Rahayu SH MHum menjelaskan Musrenbang Disabilitas diharapkan dapat menampung semua kebutuhan kaum disabilitas dalam pembangunan.

"Dimana hal ini sudah menjadi amanat undang undang kita bahwa kebutuhan disabilitas harus diakomodir," tegasnya.

Ia menyampaikan pula isu disabilitas merupakan salah satu isu krusial yang harus terus ditekan dalam setiap aspek pembangunan daerah.

Dan yang utama bagaiamana daerah bisa membangun sistem yang mendukung kebutuhan kaum disabilitas. Agar dapat pula mendukung percepatan pembangunan daerah.

Sementara itu Wali Kota Malang Drs H Sutiaji menyampaikan kedepan pembangunan daerah khususnya di bidang pelayanan publik didesain ramah disabilitas.

"Kita memang sudah mulai hanya memang belum sepenuhnya. Contohnya di kelurahan di Kecamatan Blimbing, meja resepsionisnya sudah ndak terlalu tinggi sehingga mereka yang difabel bisa menjangkau," papar Sutiaji.

Walikota alumnus UIN Malik Ibrahim Malang ini menambahkan pembangunan daerah untuk mendukung kebutuhan disabilitas juga akan diarahkan pada pemberdayaan SDM.

Dijelaskannya, ke depan akan dilibatkan Dinas Ketenagakerjaan untuk mengakomodir SDM kaum disabilitas.

"Saya harapkan juga nanti muncul program yang melibatkan dinas ketenagakerjaan. Agar mereka yang difabel bisa juga ada ruang kerja dan usaha," tutur Sutiaji.

Ia menambahkan jumlah warga penyandang disabilitas saat ini berjumlah 679 orang. Sutiaji meminta seluruh perangkat daerah terkait fokus memberikan apa yang dibutuhkan dalam rangka pembangunan daerah kedepan.

Musrenbang Disabilitas yang dihadiri 120 peserta dari perangkat daerah terkait, komunitas, organisasi masyrakat dan lainnya ini juga bertujuan untuk merumuskan rencana kerja 2021 hingga 2024 mengedepankan peningkatan  kaum disabilitas di bidang pelayanan publik. (ica/jon)

 

PENTING! Baca Ini:

https://m.malangpostonline.com/bisnis/lowongan-kerja

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-baris

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-properti

 

 

 

Editor : jon
Uploader : slatem
Penulis : ica
Fotografer : ica

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU