Ini Teknis Penggantian Pipa Baru, Pastikan Tidak Putuskan Aliran Air

  • 05-02-2020 / 16:19 WIB
  • Kategori:Malang
Ini Teknis Penggantian Pipa Baru, Pastikan Tidak Putuskan Aliran Air

Malangpostonline.com - Pelaksanaan proses penggantian pipa transmisi 200 mm akan mulai dikerjakan pekan ini. Proses ini akan memakan waktu kurang lebih 50 hari lamanya. Akibat recana ini muncul kekhawatiran akan kembali matinya aliran air secara total selama pengerjaan berlangsung.

Hal ini ditegaskan Dirut Perumda Tugu Tirta Kota Malang M Nor Muhlas tidak benar. Pengerjaan penggantian pipa baru ini tidak akan mempengaruhi pipa yang saat ini ada. Alias tidak akan mematikan alran air yang sudah bisa berjalan.

“Karena dipasangnya tidak membongkar pipa yang lama. Pipa baru dipasang disamping jalur pipa yang sudah ada,” papar Muhlas saat ditemui Rabu (5/2) usai mengikuti pertemuan dengan Ditjen SDA KemenpUPR dan Wali Kota Malang di Bali Kota Malang.

Muhlas menjelaskan pipa lama yang sudah masih existing (masih bisa beroperasi) tidak akan diangkat atau dibongkar. Karena usai pipa baru terpansang, pipa lama ini akan menjadi pipa “sekoci” atau cadangan.

Maksudnya, pipa lama yang notabene masih bisa dipakai kembali bisa difungsikan ketika terdapat gangguan di pipa baru dalam kondisi yang tak terduga. Hal ini menjadi salah satu antisipasi jangka panjang agar gangguan aliran air bisa ditekan.

“Nanti dipasangnya bentuknya seperti “Y” (huruf Y,red). Agar bisa ditapping jika dibutuhkan artinya bisa dicabangkan. Apabila sewaktu-waktu ada keperluan yang mendesak bisa difungsikan," ujar Muhlas.

Sementara itu ukuran pipa baru masih sama dengan sebelumnya yakni berdiameter 500 mm dengan panjang kurang lebih 3,8 kilometer. Hanya saja bahan yang digunakan untuk pipa baru adalah galvanis berbeda dengan sebelumnya berjenis HDPE (High Density Polyethylene).

Hal itu dilakukan, karena PDAM tak ingin, kasus kebocoran pipa terjadi lagi. Sesuai dengan hasil kajian dari tim teknis, pipa yang akan digunakan berjenis galvanis. Pipa tersebut terbuat dari besi yang dilapisi material seng untuk melindunginya dari karatan.

"Mereka sudah memahami kebutuhan yang kita inginkan. Tentu saja pipa ini nantinya spesifikasinya lebih bagus dan lebih baik dari sebelumnya,"pungkas Muhlas. (ica)

 

PENTING! Baca Ini:

https://m.malangpostonline.com/bisnis/lowongan-kerja

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-baris

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-properti

Editor : ica
Uploader : rois
Penulis : ica
Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU