Minggu Depan Hasil Uji Konstruksi Pasar Besar Dipaparkan

  • 08-02-2020 / 17:16 WIB
  • Kategori:Malang
Minggu Depan Hasil Uji Konstruksi Pasar Besar Dipaparkan Bangunan Pasar Besar akan ditentukan nasibnya pekan depan karena hasil uji lab konstruksi akan dipaparkan tim ITS

Malangpostonline.com - Nasib berlanjutnya gedung Pasar Besar akan ditentukan minggu depan. Pasalnya pekan depan hasil uji laboratorium ketahanan konstruksi Pasar Besar akan dipaparkan tim uji. Tim uji yang diambil dari unsur independen ini akan menjadi pedoman penentuan konsep revitalisasi bangunan pasar yang sudah ada sejak tahun 70-an ini.

Hal ini dijelaskan Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskoperindag) Kota Malang, Wahyu Setianto belum lama ini.

“Tim uji dari ITS sudah selesai melakukan uji. Dan nanti tanggal 15 atau 16 Februari dijadwal untuk pemaparan hasil,” jelas Wahyu.

Ia menerangkan pemaparan ini akan langsung didengarkan oleh pihak terkait yakni Pemkot Malang dan pihak investor dalam hal ini manajemen Matahari Department Store.

Wahyu menambahkan hasil uji kelayakan yang diperoleh ITS nantinya akan menjadi acuan dalam membenahi Pasar Besar. Karena sebelumnya keputusan membenahi pasar, saat dibahas sendiri oleh Pemkot dan Matahari tidak menemukan titik terang.

“Karena dulu awalnya kita bahas, pihak Matahari punya hasil uji konstruksinya sendiri dan pemkot juga punya rekomendasi sendiri. Matahari ingin direnovasi saja, pemkot ingin dirombak besar,” tegas Wahyu.

Karena perbedaan pendapat inilah dipilihlah satu tim ahli yang independen. Yang nantinya akan menguji menurut keahliannya kemudian disepakati apapun hasilnya akan menjadi keputusan bersama. Sehingga perbaikan pasar bisa dilaksanakan.

Maka diakui Wahyu, jika pekan depan pemaparan dari Tim ITS menyimpulkan revitalisasi harus dilakukan total maka hasil itu lah yang akan menjadi acuan kedua belah pihak untuk menyepakati konsep. Dan jika hasilnya sebaliknya, juga menjadi kesepakatan bersama.

Sebelumnya, pasar ini memang berkali-kali mengalami bencana kebakaran. Terakhir terjadi 2016 lalu yang kemudian tercetuslah rencana revitalisasi. Sementara itu, Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Pemkot Malang dengan PT Matahari Department Store diketahui masih berlangsung hingga 2034 mendatang. (ica)

 

PENTING! Baca Ini:

https://m.malangpostonline.com/bisnis/lowongan-kerja

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-baris

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-properti

Editor : ica
Uploader : slatem
Penulis : ica
Fotografer : Firman

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU