Mesrenbang Kepanjen, Desa/Kelurahan Usulkan Kegiatan Dana APBD Rp 1,5 M

  • 13-02-2020 / 16:02 WIB
  • Kategori:Malang
Mesrenbang Kepanjen, Desa/Kelurahan Usulkan Kegiatan Dana APBD Rp 1,5 M

Malangpostonline.com - Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan (Musrenbangcam) Kepanjen digelar di Pendopo Kantor Camat Kepanjen, Kamis (13/2). Berbagai usulan kegiatan pembangunan dari 18 desa/kelurahan dikonsultasikan untuk alokasi Dana APBD sebesar Rp 1,5 miliar per desa.

Musrenbang Kecamatan Kepanjen ini difasilitasi pihak Bappeda Kabupaten Malang. Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Malang, Hari Sasongko, juga sempat hadir dan memberikan beberapa arahannya kepada peserta Musrenbang.

Secara bergantian, pihak pemerintahan desa/kelurahan menyampaikan usulan rencana kegiatan pembangunannya di depan tim Bappeda dan bagian Ekonomi Pembangunan Kecamatan. Usai pemaparan, dilakukan konsultasi sekaligus revisi terhadap usulan yang dianggap kurang tepat pemanfaatannya.

"Pemanfaatan bantuan sebesar Rp 1,5 miliar tiap desa/kelurahan ini juga bisa diawasi langsung dewan. Ya, tadi kami beri motivasi sekaligus menjaring semua usulan kegiatan, karena ini juga kan menjadi program pembangunan Pemkab Malang," kata Hari Sasongko, di sela kegiatan musrenbang, Kamis (13/2) siang.

Dikatakan, dari sebagian paparan yang diikutinya, sebagian besar usulan kegiatan lebih pada pembangunan fisik dan infrastruktur. Sisanya, juga sudah direncanakan kegiatan pemberdayaan masyarakat.

Hari Sasongko menegaskan, masih harus dilakukan pemilahan prioritas dan pengecekan semua usulan kegiatan desa/kelurahan oleh tim Bapeda, sebelum dibahas di musrenbang tingkat kabupaten. Terlebih, desa juga menerima anggaran Dana Desa dan Alokasi Dana Desa.

"Tetap dipilih dan dipilah semua rencana kegiatan yang diusulkan. Jangan sampai terjadi doubel accounting. Kegiatan yang sama dalam satu tempat tidak akan disetujui, terlebih sudah diterapkan e-musrenbang," tegas mantan Ketua DPRD periode sebelumnya ini.

Usulan rencana kegiatan pembangunan Desa Kedung Pedaringan misalnya, mencakup empat paket kegiatan. Yakni, pengaspalan hotmix untuk jalan kampung di 2 RT, pembangunan drainase pinggir jalan besar sepanjang wilayah 3 RT, dan pembangunan tempat wisata desa di tanah kas desa setempat, dan kegiatan pelatihan-pelatihan keterampilan.

Oleh pihak pemerintah Desa Kedung Pedaringan, usulan kegiatan ditujukan kepada Dinas Koperasi, Disperindag, Dinas Cipta karya, serta Dinas PU dan Bina Marga. [amn/malangpostonline.com]

 

 

PENTING! Baca Ini:

https://m.malangpostonline.com/bisnis/lowongan-kerja

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-baris

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-properti

Editor : amn
Uploader : rois
Penulis : amn
Fotografer : amn

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU