Valentine, Penjualan Bunga Turun Drastis

  • 14-02-2020 / 16:25 WIB
  • Kategori:Malang
Valentine, Penjualan Bunga Turun Drastis SEPI PEMINAT: Penjualan bunga di Pasar Bunga Splendid sepi peminat.

Malangpostonline.com - Momen hari kasih sayang atau valentine ternyata tidak memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap penjualan bunga di Pasar Bunga Splendid Kota Malang. Dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, saat ini justru menurun.

Salah satu pedagang, Winarso Dewa mengungkapkan, penjualan bunga segar tahun ini mengalami penurunan yang cukup signifikan. "Tahun ini sepi, jarang ada yang membeli bunga saat Valentine. Beda dengan beberapa tahun yang lalu, banyak anak muda yang beli tangkai bunga segar," terang pemilik Aries Florist ini.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, tahun lalu, pada momen yang sama, bisa terjual hingga dua ribu tangkai per hari. "Tahun ini, hanya berkisar 1.500 tangkai saja," kata dia.

Sementara, harga bunga segar juga mengalami penurunan. Sehingga, secara otomatis pendapatan juga menurun. "Tahun lalu, harga bunga mawar Rp 5 ribu per tangkai. Kali ini, Rp 2 ribu," kata dia.

Selama ini, Winarso mengambil stok bunga dari petani di Kota Batu. Bunga yang paling banyak terjual adalah jenis mawar merah. Para pedagang bunga ini menduga, turunnya penjualan bunga akibat adanya kebijakan pelarangan merayakan Hari Valentine. “Kata pemerintah tidak boleh merayakan Valentine, jadi banyak yang tidak merayakan dengan beli bunga,” tandas Winarso.

Sendada dengan Winarso, pedagang bunga lainnya, Rohan, juga mengakui hal yang sama. "Saat ini, yang beli tidak terlalu banyak. Yang beli dari anak SMA, kuliah sama yang udah kerja gitu," jelas dia.

Dalam momen hari kasih sayang, ia mengaku ada penurunan penjualan dibanding tahun sebelumnya. "Turun memang, sehari sekitar 1.000 sampai 1.500 tangkai saja," tandas dia. (tea)

 

PENTING! Baca Ini:

https://m.malangpostonline.com/bisnis/lowongan-kerja

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-baris

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-properti

Editor : tea
Uploader : rois
Penulis : tea
Fotografer : Firman

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU