Katalog UMKM Mulai Dijalankan, 5 Koperasi Ditunjuk

  • 22-02-2020 / 17:20 WIB
  • Kategori:Malang
Katalog UMKM Mulai Dijalankan, 5 Koperasi Ditunjuk Geliat UMKM di Kota Malang akan terus berkembang seraya pelaksanaan program Katalog UMKM Lokal mulai dijalankan di Kota Malang

Malangpostonline.com - Katalog UMKM lokal yang diinisiasi Pemkot Malang akan mulai berjalan. Pasalnya belum lama ini setidaknya sudah ada 5 koperasi yang ditunjuk untuk menyediakan kebutuhan makanan dan minuman dalam setiap pengadaan dan agenda yang dilaksanakan perangkat daerah (PD) di Kota Malang.

Diketahui katalog lokal tersebut dibuat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Terutama melalui kebutuhan mamin dari setiap kegiatan PD.

Pasalnya selama ini anggaran yang dikeluarkan untuk mamin terbilang sangat besar mencapai Rp 30 Miliar sampai Rp 40 Miliar. Maka hal ini ditangkap sebagai peluang untuk mengembangkan UMKM lokal di bidang kuliner.

"Dan selama ini UKM kita kurang diberdayakan, dengan ini maka akan semakin memudahkan pemerataan," jelas Wali Kota Malang Drs H Sutiaji belum lama ini dalam sebuah kesempatan.

Lebih lanjut Sutiaji menjelaskan Pemkot Malang telah menunjuk lima koperasi untuk menjalankan program tersebut.

Saat ini, masing-masing PD yang akan melakukan kegiatan bisa memanfaatkan jasa masing-masing UKM yang dinaungi oleh lima koperasi tersebut. Sembari berjalan, pendampingan terhadap lima koperasi tersebut juga terus dilakukan.

"Dan Lurah dalam hal ini memiliki tanggungjawab paling besar untuk meberdayakan warganya," terang alumnus UIN Malik Ibrahim Malang ini.

Sehingga ia meminta agar kelurahan mengetahui secara mendetail pemetaan dari setiap potensi yang dimiliki warganya. Sehingga masyarakat juga dapat menikmati pemerataan yang mulai dikerjakan tersebut.

Menambahkan, Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskoperindag) Kota Malang Wahyu Setianto mengatakan koperasi yang menyediakan mamin dalam katalog lokal tersebut merupakan binaan Diskoperindag.

Secara bergilir, masing-masing UKM akan menyediakan kebutuhan mamin dari kegiatan PD yang memang sudah menganggarkan jelas anggaran mamin tiap tahunnya.

"UKM dan IKM binaan inilah yang sudah siap melayani PD untuk memenuhi kebutuhan mamin," tambah Wahyu.

Saat ini, sistem katalog lokak tersebut menurutnya sudah berjalan dengan lancar. Terutama pada bagian umum Pemerintah Kota Malang yang sudah banyak memanfaatkan jasa UKM dan IKM binaan Diskoperindag. Sembari berjalan, evaluasi tetap dilakukan dengan pendampingan pada masing-masing koperasi. (ica)

 

 

PENTING! Baca Ini:

https://m.malangpostonline.com/bisnis/lowongan-kerja

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-baris

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-properti

Editor : ica
Uploader : rois
Penulis : ica
Fotografer : Ipunk

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU