Top! Tiga Ketua DPC Peradi di Malang Dukung Penyatuan Perhimpunan Advokat Indonesia

  • 26-02-2020 / 16:47 WIB
  • Kategori:Malang
Top! Tiga Ketua DPC Peradi di Malang Dukung Penyatuan Perhimpunan Advokat Indonesia DUKUNG: (dari kiri) Ketua DPC Peradi Malang Raya, Iwan Kuswardi, Ketua DPC Peradi Malang, Dian Aminuddin dan Ketua DPC RBA Malang, Akhmad Siswantoro siap dukung penyatuan kembali Peradi.

Malangpostonline.com - Tiga ketua DPC Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) di Malang mendukung penuh proses penyatuan kepengurusan organisasi advokat yang disepakati ketua umum masing-masing. Proses penyatuan akan dimulai dengan rintisan Musyawarah Nasional (Munas) bersama yang akan disusun dan dipersiapkan secara adil. Seperti diberitakan, Peradi sepakat untuk bersatu kembali.

Hal ini terwujud setelah ketua umum masing-masing kubu DPN Peradi menandatangani kesepakatan yang berisi kesediaan untuk bersatu kembali. Ketua Umum Peradi, Fauzie Yusuf Hasibuan, Ketua Umum Peradi Rumah Bersama Advokat (RBA), Luhut Pangaribuan dan Ketua Umum Peradi Suara Advokat Indonesia (SAI), Juniver Girsang turun secara langsung sebagai pihak-pihak yang menyepakati kesediaan untuk menyatukan kembali kepengurusan Peradi.

Diawali dengan pernyataan akan perlunya untuk menyatukan kembali kepengurusan Peradi yang selama lima tahun ini terpecah menjadi tiga kubu. Mereka menyepakati tujuan bersatunya Peradi adalah untuk mewujudkan kembali kejayaan advokat Indonesia, dan dituangkan dalam surat pernyataan yang disaksikan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD dan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna Laoly.

Ketua DPC Peradi Malang, Dian Aminuddin SH, mengaku surat pernyataan itu juga beredar di komunikasi internalnya. "Terkait tindaklanjut di tingkat cabang bisa dimulai dengan membuka komunikasi sambil menunggu formula penyatuan yang disepakati di tingkat DPN," tuturnya. Ditingkat cabang, lanjutnya, tentu siap menginisiasi komunikasi agar bisa segera merespons dan menindaklanjuti kesepakatan-kesepakatan yang telah dicapai di tingkat DPN.

"Secara prinsip kami menyambut baik dan mendukung penuh segala upaya untuk menyatukan Peradi sebagai wujud wadah tunggal profesi advokat dalam rangka mengembalikan martabat dan kualitas profesi advokat," tegasnya. Senada dengannya, Ketua DPC Peradi RBA, Akhmad Siswantoro, SH juga menunggu instruksi dari DPN. "Asal tidak mengedepankan ego masing-masing, InsyaAllah bisa bersatu," ungkapnya.

"Yang jelas kalau jadi satu, tunggu pusat kayak apa "racikannya" dan "dosisnya". Tetapi sekedar kita diskusi dan ngopi bareng dengan ketiga Peradi di Malang saya kira bisa," tambah dia. Hal sama diungkapkan DPC Peradi Malang Raya, Iwan Kuswardi SH. "Pada prinsipnya saya selaku Ketua DPC menyambut baik keinginan DPN untuk menjadikan Peradi wadah tunggal organisasi advokat," terangnya.

"Tentunya untuk saat ini cabang hanya bisa menunggu perkembangan lebih lanjut dari kesepakatan awal. Semoga Peradi sebagai satu-satunya organisasi advokat bisa terwujud. Untuk urusan PKPA dan UPA, saya berharap formula yang saat ini dijalankan Peradi Suara Advokat Indonesia pimpinan Juniver Girsang yang akan diterapkan karena memberikan kewenangan kepada cabang untuk mengelola sendiri PKPA dan UPA sehingga cabang punya pemasukan untuk kepentingan kegiatan cabang," paparnya panjang lebar. (mar)

 

PENTING! Baca Ini:

https://m.malangpostonline.com/bisnis/lowongan-kerja

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-baris

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-properti

Editor : mar
Uploader : rois
Penulis : marga
Fotografer : Dok

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU