Hujan, Tanah Amblas di Bumiayu

  • 29-02-2020 / 18:57 WIB
  • Kategori:Malang
Hujan, Tanah Amblas di Bumiayu

Malangpostonline.com - Tidak hanya longsor pada plengsengan yang kerap terjadi saat hujan deras mengguyur Kota Malang. Tanah amblas di tengah pemukiman pun menjadi rawan terjadi. Salah satunya yang terjadi dekat pemukiman warga di Jl Kecipir Kelurahan Bumiayu Kecamatan Kedungkandang Kota Malang.

Menurut laporan periodik Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Kota Malang kejadian tanah amblas terjadi pukul 21.30 WIB, Kamis (27/2).

Menurut pantauan Tim TRC BPBD Kota Malang diduga tanah sudah mengalami retakan di beberapa hari sebelumnya. Karena lokasi tanah ambles merupakan bekas septic tank yang diuruk di Jl Kecipir RT 04/ RW 03.

“Curah hujan tinggi menyebabkan air meresap dalam tanah sehingga tanah yang sudah retak tadi stukturnya melemah,” ungkap salah satu anggota Tim TRC di lapangan.

Akibatnya tanah menjadi labil dan tidak kuat menopang beban di atasnya. Puncaknya saat terjadi hujan intensitas tinggi pada Kamis (27/2) malam sekitar pukul 21.30 WIB. Laporan baru didapatkan pada Jumat (27/2).

Akibatnya ruang tamu dengan ukuran 4 x 5 meter persegi tersebut tanahnya mengalami amblas dengan kedalaman kurang lebih 3 meter. Kerugian material diperkirakan senilai Rp 19,7 juta.

“Korban jiwa nihil,” tegasnya.

Kepala BPBD Kota Malang Alie Mulyanto menjelaskan rumah yang terkena dampak milik warga bernama Sugiono tersebut mengalami kerusakan pada ruang tamu. Dan ruang dapur berpotensi juga terjadi amblas tanah.

Maka untuk sementara ini upaya yang dilakukan BPBD Kota Malang adalah melakukan assesment terkait kerusakan, kerugian, dan sumber daya yang terdampak di lokasi kejadian. Menginformasikan kepada RT/RW untuk membuat laporan kejadian ke Kelurahan

“Sudah dilakukan juga kemarin pemasangan Barricade Line di lokasi kejadian dengan unsur yang terlibat,” tegasnya.

Ia memberikan imbauan kepada warga untuk selalu waspada terhadap bencana disekitar lokasi tempat tinggalnya. Mengingat hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi yang disertai angin kencang masih berlangsung. (ica)

 

PENTING! Baca Ini:

https://m.malangpostonline.com/bisnis/lowongan-kerja

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-baris

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-properti

Editor : ica
Uploader : rois
Penulis : ica
Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU