Gotong Royong, Warga Cemorokandang Cegah Penyebaran Corona Secara Swadaya

  • 30-03-2020 / 06:09 WIB
  • Kategori:Malang
Gotong Royong, Warga Cemorokandang Cegah Penyebaran Corona Secara Swadaya CEGAH COVID-19: Penyemprotan disinfektan dilakukan warga RT 2 RW 7 Kelurahan Cemorokandang Kota Malang secara swadaya.

Malangpostonline.com - Mengurangi kekhawatiran penyebaran virus corona di lingkungan tempat tinggal, sejumlah warga secara swadaya melakukan penyemprotan lingkungan rumah dengan cairan disinfektan. Seperti di Perumahan Vila Buring, RT 2 RW 7 Kelurahan Cemorokandang, Kota Malang, Minggu (29/3) kemarin. Apalagi, di Cemorokandang termasuk wilayah yang ada pasien Covid-19, meski telah sembuh.

Ketua RT 2 RW 7 Bambang Sutejo mengatakan, tujuan penyemprotan disinfektan sebagai langkah pencegahan virus Corona serta usaha meningkatkan kebersihan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Penyemprotan ini di lakukan mulai Jalan Bandara Palmerah 1 sampai 4.

"Kami bersama warga untuk bergotong royong mendanai pembelian cairan yang bisa membunuh Covid-19 tersebut di kompleks ini," kata Bambang, sapaan akrabnya kepada Malang Post.

Sementara itu, bahan cairan disinfektan diakuinya, ada warga dari farmasi sehingga diracik dan dibuat secara mandiri mengingat harga disinfektan di pasaran sudah cukup tinggi dan juga belum ada program penyemprotan disinfektan dari pemerintah. Namun, dalam proses pembuatan disinfektan tetap mengikuti panduan yang dikeluarkan dinas kesehatan, baik meliputi jenis bahan utama, komposisi maupun volume.

Bambang juga mengajak kepada seluruh warga untuk melakukan upaya preventif dengan menjaga diri masing-masing, keluarga, teman dan lingkungannya agar terhindar dari penularan virus corona. Namun, hal tersebut harus diperjuangkan dengan berikhtiar untuk berperilaku hidup bersih dan sehat.

"Perilaku hidup bersih dan sehat tersebut di antaranya rajin cuci tangan dengan sabun atau sejenisnya, membersihkan diri dengan mandi setidaknya dua kali sehari. Selanjutnya makan dengan teratur dan bergizi, juga mengkonsumsi buah dan sayur serta jangan lupa minum air yang secukupnya," ujarnya.

Selain itu, masih kata dia, warga didorong untuk tetap aktif berolahraga, menghindari bersentuhan dengan orang lain, beristirahat yang cukup, juga menghindari menyentuh hidung, mata dan mulut, serta tidak keluar rumah kecuali dalam hal yang mendesak.

"Panik, cemas dan stres akibat banyaknya informasi dan pemberitaan tentang semakin merebaknya penularan corona juga dapat menyebabkan daya tahan tubuh menurun," katanya.

Lebih lanjut, dalam situasi krisis akibat Covid -19 seperti saat ini, warga harus selalu berpikir positif, sabar dan tetap tenang agar mentalnya sehat. Sehingga daya tahan tubuhnya juga tidak menjadi lemah.

"Dengan daya tahan tubuh yang terjaga baik, maka dengan sendirinya tubuh tidak mudah terkena penyakit," pungkasnya. (mp4/aim)

 

PENTING! Baca Ini:

https://m.malangpostonline.com/bisnis/lowongan-kerja

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-baris

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-properti

 

 

Editor : bua
Uploader : slatem
Penulis : MP
Fotografer : MP

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU