Kota Malang Sepakat Lakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar

  • 01-04-2020 / 20:17 WIB
  • Kategori:Malang
Kota Malang Sepakat Lakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar

Malangpostonline.com - Wali Kota Malang Drs H Sutiaji memandang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) perlu dilakukan di wilayah Malang Raya. Hal inilah yang ia tekankan pada Rapar Koordinasi (Rakor) 3 Kepala Daerah Malang Raya, Selasa (1/4) di Pendopo Kabupaten Malang Jl Agus Salim Kota Malang. Wacana PSBB ini ini menjadi pembahasan antara 3 kepala daerah di Malang Raya dalam rakor ini.

Hal ini ditegaskan Sutiaji karena penyebaran Virus Corona di Kota Malang sendiri berdasarkan riwayat 4 pasien positif (baik yang sudah sembuh dan masih dirawat) sebagian besar tidak memiliki keterkaitan satu sama lain.

“Ini kan artinya virus ini sudah dimana-mana. Dan kita tidak tahu, datang darimana. Bisa dari mana-mana yang jelas,” tegasnya dalam rakor yang dihadiri Bupati Malang Sanusi dan Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko.

Untuk menegaskannya lagi, ia pun menjabarkan keadaan penanganan COVID-19 di Kota Malang sudah mulai memprihatinkan. Karena ketersediaan APD (Alat Pelindung Diri) tenaga kesehatan di Kota Malang semakin menipis tiap harinya.

“Maka nya dari kondisi ini saya meminta ini dipikirkan bersama. Masalah ini yang ada di Kota Malang juga menjadi masalah wilayah lain juga,” tegasnya.

Untuk itu ia menjabarkan lagi apa-apa saja yang sudah dilakukan Pemkot Malang dan jajaran TNI dan kepolisian. Salah satunya memperketat aturan kerumunan, kegiatan keagamaan, hingga pembuatan posko screening untuk memilah pergerakan warga khususnya yang datang ke Kota Malang dari luar kota.

Ia berharap Kabupaten Malang dan Kota Batu juga mengikuti dan melakukan apa yang dilakukan di Kota Malang. Utamanya berkaitan dengan pantauan pergerakan warga keluar dan masuk ke wilayahnya masing-masing.

“Karena Malang Raya ini irisannya (batas wilayah) sangat tipis. Social dan Physical Distancing harus dilakuakn bersama-sama,” tegasnya.

Dari hasil rakor ini, Sutiaji menegaskan akan membuat draft mengenai sistem atau kesepakatan bahwa Malang Raya hendak melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Yang nampaknay juga disepakati dua kepala daerah lainnya.

Segera draft ini akan disusun dan diselaraskan bersama tiga kepala daerah dan kemudian secara resmi di ajukan ke Provinsi Jatim dan kemudian Pemerintah Pusat. (ica)

 

PENTING! Baca Ini:

https://m.malangpostonline.com/bisnis/lowongan-kerja

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-baris

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-properti

 

 

Editor : bua
Uploader : slatem
Penulis : CNN
Fotografer : CNN

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU