Kumpulkan Tabungan dan Uang Saku, Mahasiswa AKFAR PIM Ini Bagi APD untuk Tenaga Medis

  • 03-04-2020 / 16:35 WIB
  • Kategori:Malang, Kampus
Kumpulkan Tabungan dan Uang Saku, Mahasiswa AKFAR PIM Ini Bagi APD untuk Tenaga Medis BAGI: Maria Cindy, mahasiswa AKFAR PIM dan saudaranya membagi-bagikanĀ  face shield mask untuk tenaga medis puskesmas dan rumah sakit

Malangpostonline.com - Kepedulian Mahasiswi Akademi Farmasi (AKFAR) Putra Indonesia Malang (PIM) terhadap nasib tenaga medis yang menangani pasien Covid-19 patut dicontoh oleh generasi muda Indonesia. Maria Cindy, mahasiswi yang duduk di semester 6 akademi di Jalan Barito 5 Kota Malang itu mengisi waktu libur kuliah saat program social distancing dengan membuat Alat Pelindung Diri (APD) berupa Face Shield Mask.

APD ini diberikan untuk garda terdepan penanganan pasien Covid-19 yakni tenaga medis yang berada di puskesmas dan rumah sakit di Kota Malang. Berbekal  keterampilan yang dimiliki, gadis yang akrap dipanggil Cindy ini bersama kakak dan kedua adiknya membuat Face Shield Mask sendiri di rumahnya. Mereka rela mengumpulkan sisa uang saku dan uang tabungannya.

Uang itu lalu untuk membeli beberapa bahan untuk pembuatan APD yang saat ini sangat langka keberadaannya di pasaran. “Walaupun kami harus tinggal di dalam rumah, tapi kami  ingin membuat sesuatu yang dapat bermanfaat bagi banyak orang khususnya tenaga medis yang merupakan garda terdepan dalam penanganan Covid-19," kata Cindy.

"Tujuan kami membuat Face Shield Mask ini, dapat membantu tenaga medis menghadapi pasien atau orang yang berpotensi terkena virus ini,” tambahnya. Total berjumlah 250 buah Face Shield Mask yang dibuat sejak Jum'at, 27 Maret hingga Senin, 30 Maret. Mereka lalu membagikan gratis APD buatannya ke beberapa rumah sakit di Malang.

Mulai RSSA Malang, RS Lavalette, RS Panti Nirmala, dan RS Panti Waluya Sawahan (RKZ). Setelah proyek pertama selesai terdistribusikan, mereka membuat 50 buah APD lagi untuk dibagikan ke beberapa puskesmas yaitu Puskesmas Arjuno dan Puskesmas Gribik. Program kepedulian Cindy dan keluarganya dalam membuat APD ini akan terus dilakukannya agar bisa disumbangkan lagi ke beberapa rumah sakit dan puskesmas yang ada di kota dan Kabupaten Malang.

Dia berharap APD buatannya dapat bermanfaat bagi tenaga medis sehingga para tenaga medis terhindar dari terpapar Covid-19. Selain itu, diia  berharap generasi muda Indonesia lebih peduli dan terdorong untuk membuat sesuatu yang dapat membantu tenaga medis aman dalam merawat pasien yang terkena Covid-19 dan menjaga agar mereka tidak terpapar dan menjadi korban keganasan virus itu. (mar)

 

 

PENTING! Baca Ini:

https://m.malangpostonline.com/bisnis/lowongan-kerja

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-baris

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-properti

Editor : mar
Uploader : rois
Penulis : marga
Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU