Besok Tol Madyopuro Dibuka, Tarif Masuk Rp 3 Ribu

  • 06-04-2020 / 19:18 WIB
  • Kategori:Malang, Kabupaten
Besok Tol Madyopuro Dibuka, Tarif Masuk Rp 3 Ribu Jalur Tol Pandaan-Malang dari Pakis menuju Kota Malang (exit Madyopuro).

Malangpostonline.com - Jalur Tol Pandaan-Malang dari Pakis menuju Kota Malang (exit Madyopuro) akan dioperasionalkan, besok, 7 April 2020. Maka gerbang Exit Tol Madyopuro mulai beroperasi hari ini secara resmi.

Hal ini dibenarkan Direktur Teknik PT Jasa Marga tol Pandaan-Malang Siswantono saat dikonfirmasi Malang Post, Senin (6/4). Ia membenarkan jika 7 April 2020 secara resmi gerbang Exit Tol Madyopuro dioperasikan.

“Karena dasarnya adalah SK Kementrian PUPR sudah turun hari ini (Senin 6/4). Tentang operasional dan tariff ruas Pakis-Malang. Dengan SK itu kita sudah bisa mengoperasionalkan jalur tol menuju exit di Madyopuro,” jelasnya.

Ia menerangkan tidak akan ada kegiatan seremonial dalam peresmian dibukanya jalur Pakis menuju Malang (Kota Malang) tersebut. Dikarenakan Indonesia, sedang mengalami kondisi bencana darurat COVID-19.

Dibukanya secara resmi jalur Pakis menuju Kota Malang dengan ruas panjang 3,11 km, Seksi V Tol Pandaan-Malang akan dilakukan tepat pukul 06.00 WIB, Selasa 7 April 2020. Dengan dibukanya blok barrier (pembatas jalan) menuju ke arah Kota Malang (Madyopuro).

“Jam 6 pagi sudah resmi dibuka dan dioperasionalkan,” tegas Siswantono.

Ia mengungkapkan tarif masuk ruas Pakis-Malang akan langsung diberlakukan. Yakni Rp 3 ribu. Hal ini sudah berdasarkan SK Kementrian PUPR yang berdasarkan hitungan sama dengan ruas tol di Pandaan-Malang lainnya yakni Rp 898 dikalikan panjang ruas.

Hanya saja, warga yang hendak melintas tidak bisa mendapatkan pelayanan Top Up seperti biasa di gerbang-gerbang ruas tol.

“Karena situasi COVID-19 ini, kita meniadakan layanan Top Up. Layanan ini ditiadakan karena jika dilakukan membutuhkan kontak langsung pengendara dengan petugas, jadi sudah ditiadakan sementara waktu ini,” tandasnya.

Siswantono tidak dapat mempekirakan berapakah jumlah volume kendaraan yang akan masuk di masa-masa awal operasional ruas Pakis-Malang hingga menuju exit Tol di Madyopuro ini. Sebelum ada situasi darurat diperkirakan yang masuk satu hari mencapai sekitar 2 sampai 3 ribu kendaraan.

Akan tetapi melihat situasi COVID-19 ini, pihaknya memperkirakan volume kendaraan turun sekitar 40 sampai 60 persen dari perkiraan tersebut.

“Situasi seperti ini susah prediksinya. Yang jelas akan menurun sekali,” pungkasnya. (ica)

 

 

PENTING! Baca Ini:

https://m.malangpostonline.com/bisnis/lowongan-kerja

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-baris

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-properti

Editor : ica
Uploader : rois
Penulis : ica
Fotografer : Firman

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU