Hari Ini Kota Malang Resmi Usul Berlakukan PSBB ke Menkes

  • 09-04-2020 / 17:01 WIB
  • Kategori:Malang
Hari Ini Kota Malang Resmi Usul Berlakukan PSBB ke Menkes Wali Kota Malang Sutiaji mengirimkan usulan PSBB Kota Malang hari ini ke Kemenkes RI

Malangpostonline.com - Pemkot Malang resmi mengirim surat usulan  penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk Kota Malang, Kamis (9/4/2020) siang ini.

Hal ini ditegaskan Wali Kota Malang Drs H Sutiaji saat ditemui di Balai Kota Malang usai mengikuti sidang  Paripurna LKPJ Wali Kota Malang Tahun 2019 secara video conference.

“Ya kami kirimkan hari ini,” tegas Sutiaji.

Ia menjelaskan surat dikirim langsung ke Kemenkes RI sesuai aturan yang ada. Kemudian juga dikirimkan ke Pemprov Jawa Timur sebagai tembusan. Sutiaji menegaskan siang tadi, surat dikirimkan dengan pertimbangan yang telah dijelaskan sebelumnya.

Yakni pertama kondisi COVID-19 di Kota Malang yang dari hari ke hari makin bertambah jumlahnya. Khususnya di angka Orang Dalam Resiko (ODR) dan ODP (Orang Dalam Pemantauan). Tidak hanya itu pasien positif pun kini di angka 8 kasus.

Pertimbangan yang tak kalah penting adalah pola penyebaran virus di Kota Malang yang semakin sulit dideteksi.

“Karena dari pasien nomor 1 sampai yang ke-8 mereka ini tidak ada kontak fisik secara langsung dengan pasien positif lainnya. Jadi virus ini kan bisa masuk dari mana saja,” tandasnya.

Pertimbangan yang tak kalah penting dan  diragukan  beberapa pihak termasuk DPRD Kota Malang adalah kesiapan anggaran saat PSBB disetujui dan diberlakukan

Menanggapi ini Sutiaji menegaskan skema PSBB termasuk pendistribusian bahan pokok sembako atau ketahanan pangan sudah disiapkan. Begitu juga dengan juga keamanan telah siap.

“Beberapa hari terakhir kita membahas ini, kita melakukan pergeseran anggaran detail, semua dibedah. Yang bisa digeser dengan cepat kita geser. Dan didapat total Rp 80 Miliar untuk penanganan COVID-19 termasuk saat melakukan PSBB,” tegas Sutiaji.

Pemkot Malang  lanjut Sutiaji juga sudah melakukan komunikasi pada siang tadi, terkait rencana mengusulkan PSBB ke Kemenkes RI dengan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa. Sutiaji mengatakan rencananya ini didukung dan dipersilahkan.

Pria kelahiran Lamongan ini mengatakan Gubernur Jatim hanya mengingatkan kembali akan beberapa hal. Seperti skema PSBB berkaitan dengan kesiapan logistik, sembako dan keamanan.

“Kami mengusulkan dan sudah kami ajukan. Kita tinggal menunggu. Keputusan ada di pusat. Jika dikabulkan kita siap, jika tidak ya sudah kita jalani semaksimal mungkin skema yang sudah ada,” tandasnya.(ica/van)

 

PENTING! Baca Ini:

https://m.malangpostonline.com/bisnis/lowongan-kerja

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-baris

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-properti

Editor : van
Uploader : slatem
Penulis : ica
Fotografer : Firman

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU