Solusi Bagi Penderita Gangguan Kesehatan Mental

  • 07-12-2019 / 20:12 WIB
  • Kategori:Opini
Solusi Bagi Penderita Gangguan Kesehatan Mental

Oleh: Luthfia Lu'lu'ah

 

Gangguan kesehatan mental sangat berpengaruh dikehidupan sehari-hari . Kesehatan mental sangat penting untuk mencapai keseimbangan hidup antara aktivitas kehidupan dan upaya mencapai ketahanan psikologis. Di indonesia penderita gangguan mental sering disamakan dengan Sakit jiwa atau gila dan rata – rata dari masyarakat sering memberikan perlakuan yang kurang menyenangkan. Padahal penderita gangguan kesehatan mental sangat perlu di berikan perhatian penuh dari lingkungan sekitar atau masyarakat.

Perhatian dan dukungan sangatlah penting bagi mereka yang menderita gangguan kesehatan mental. Karena mereka yang menderita gangguan kesehatan mental biasanya kurang mendapat perhatian di lingkungan terdekat seperti keluarga maupun masyarakat sekitar. Banyak dari mereka yang mengalami depresi kecil hingga depresi berat, namun bagi orang awam yang tidak mengerti apa itu gangguan mental pasti akan mengatakan orang tersebut gila padahal depresi itu berbeda dengan gila atau sakit jiwa , ucapan yang di lontarkan dari mulut masyarakat akan meningkatkan depresi tersebut, karena orang yang mengidap gangguan mental tersebut selalu berpikir apa yang membuat orang-orang menjauhinya sampai ia di kucilkan dari lingkungan masyarakat sekitar.

Oleh karena itu sering kali mereka merasa menjadi beban masyarakat karena tidak ada satupun yang memahami mereka . Akibatnya rata-rata dari mereka sering kali menarik diri dari lingkungan dan menyembunyikan penyakit mereka. Padahal orang yang mengidap penyakit mental tidak boleh di biarkan sendiri, karena akan membuat mental mereka semakin menderita. Sayangnya, pengetahuan tentang gangguan penyakit mental di lingkungan masyarakat sangatlah kurang mereka sering menganggap bahwa penyakit tersebut merupakan orang gangguan jiwa atau gila.

 Kebanyakan orang yang mengidap gangguan mental akan di kucilkan dari lingkungan mereka. Padahal mengucilkan bukan hal yang baik karena tidak akan membantu proses penyembuhan mereka. Gejala orang yang terkena gangguan mental ini memang sangat susah untuk di bedakan biasanya mereka terlihat seperti orang normal pada umumnya namun, jika di perhatikan lagi kemungkinan mereka masih mengalami depresi ringan namun lama kelamaan ciri-ciri orang yang terkena gangguan mental akan terlihat seiring berjalannya waktu jika ia mengalami depresi berat.

Sangat penting untuk mengetahui gejala atau ciri-ciri gangguan mental agar tidak memperburuk kondisi orang tersebut. Pertama mereka sering merasa cemas dan khawatir secara terus menerus ,  kedua selalu merasa sedih dan tertekan sehingga semangat hidup mereka terganggu, ketiga stress yang diakibatkan dari tekanan lingkungan yang ia dapatkan sehingga dapat membuat kesehatan mereka juga terganggu, keempat susah berkonsentrasi ini diakibatkan oleh stess sehingga konsentrasi mereka mudah terpecah, kelima suka merasa hidupnya tak berguna dengan begini mereka suka melakukan kekerasan pada fisik mereka sendiri seperti melukai diri sendiri, keenam diakibatkan oleh obat-obatan dal alkohol ini sangat mempengaruhi kesehatan mental mereka biasany mereka mengkonsumsi obat obatan daal alkohol sebagai Penenang padahal itu sangat berbahaya bagi kesehatan fisik maupun mental.

Oleh karena itu dukungan bagi mereka sangatlah penting, dukungan yang dapat kita berikan seperti memberikan perhatian penuh dan respon positif ,selalu memberikan semangat saat mereka merasa terpuruk sehingga para pengidap akan berpikir masih ada orang yang mau meluangkan waktu dan peduli terhadap mereka untuk memberikan dukungan dan perhatian kepada dirinya , dengan begitu mereka akan memiliki semangat hidup dan mengurangi tingkat depresi yang mereka miliki.(*/Malangpostonline.com)

Editor : bua
Uploader : slatem
Penulis : ist
Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU