Toleransi Untuk Kebaikan

  • 16-12-2019 / 15:32 WIB
  • Kategori:Opini
Toleransi Untuk Kebaikan

Oleh: Charisma Muhammad Hanif

 

Toleransi merupakan hal yang sangat penting dalam hidup bernegara dan berbangsa. Toleransi sendiri punya makna sebagai suatu sikap saling menghormati dan menghargai. Menghargai anntar kelompok, antar individu di dalam masyarakat atau dalam lingkup lainnya. Sikap toleransi ini sangat bermanfaat apabila dimiliki orang yang hidup bermasyarakat.

Setiap orang pasti punya perbedaan dengan orang lain atau bisa dibilang keunikan tersendiri. Dan setiap orang tidak bisa disamakan antara yang satu dengan yang lain. Mereka punya potensi berkembang dengan sendirinya. Peran toleransi adalah selalu meghargai apa yang dilakukan dengan orang lain namun ada batasan yang menjadikan toleransi itu tidak dalam semua hal. Sehingga menciptakan kebaikan, kedamaian dan ketenraman dalam diri manusia.

Di negeri ini sangat banyak sekali perbedaan-perbedaan, contohnya: mulai dari Aceh sampai Papua ada seribu lebih perbedaan, mulai dari orangnya, sukunya, kelompoknya, tujuan dalam suatu kelompok, budaya, agama, kepentingan, latar belakang dan masih banyak hal yang lain. Oleh karena itu toleransi di Indonesia sangat dijunjung tinggi.

Kita mengenal bapak toleransi di Indonesia, yaitu bapak Kyai H. Abudrrahman Wahid. Karena beliau sangat menghargai perbedaan di Indonesia ini. Beliau secara resmi mengakui adanya agama baru di indonesia yaitu Konghucu. Sehingga di Indonesia ada enam agama yang berbeda, yaitu Kriten, Katolik, Hindu, Buddha dan Islam serta Konghucu. Dari keenam agama tersebut memang tidak bisa disamakan karena akidah yang berbeda. Namun, umat dari masing-masing agama tersebut hidup saling berdampingan, saling menghargai dan saling menghormati.

Di Indonesia terdapat Undang-undang yang mengatur tentang bergama. Dasar hukum yang menjadi pedoman untuk bebas beragama di Indonesia yaitu pasal 28E ayat 1 Undang-undang Dasar 1945 yang berbunyi ”Setiap orang bebas memeluk agama dan beribadah menurut agamanya, memilih pendidikan dan pengajaran, memilih pekerjaan, memilih kewarganegaraan, memilih tempat tinggal di wilayah negara dan meninggalkannya, serta berhak kembali.” Pasal 28E ayat 2 Undang-undang Dasar 1945 juga menyatakan bahwa setiap orang berhak untuk bebas meyakini kepercayaan. Selain itu juga ada passal 29 ayat 2 Undang-undang Dasar 1945 yang menyatakan negara menjamin kemerdekaan penduduknya untuk memeluk agama.

Dalam setiap agama yang ada di Indonesia entah itu Kristen ataupun yang agama yang lainnya pastinya mengajarkan tentang kebaikan-kebaikan yang harus dilakukan oleh setiap pemeluknya, salah satunya menghargai orang lain, terlebih setiap agama dan budaya. Seperti apa yang dilakukan pada saat hari ulang tahun gereja Kristus Raja yang ada di Surabaya. Momen itu di rekam oleh salah satu orang yang berada di dalam gereja karena adanya kolaborasi antara tim paduan suara gereja dengan kelompok rebana, yang anggotanya beragama islam, karena hal unik ini, video itu di upload ke media sosial dan menjadi viral di akhir-akhir ini.

Alangkah baiknya jika hal ini dilakukan antar umat agama di Indonesia. Hal-hal ini bisa menjadi alat pemersatu bangsa. Karena melatih rasa menghargai dan menghormati. Namun juga ada saja yang mengatakan toleransi seperti yang ada di dalam video tersebut dianggap berlebihan. Namun sebenarnya hal itu tidak berlebihan karena tidak mengganggu akidah umat kristen. Jika masih banyak masyarakat yang berfikir seperti ini maka yang terjadi adalah intoleran, jika ini dibiarkan akan berakibat buruk bagi pemeluk umat beragama, sehingga akan terjadi perselisihan diantara mereka.

Sebaiknya masalah toleransi ini dikaji dalam setiap agama, karena kita tahu bahwa agama merupakan hal yang sangat sensitif karena agama adalah ilmu mengenai hubungan dengan tuhan dan hubungan dengan sesama manusia, agama sangat bisa menjadi jalan untuk mempersatukan bangsa dengan kajian-kajian tentang kebangsaan terutama toleransi. Karena faktanya kita hidup di negara indonesia yang punya banyak sekali perbedaan.

Kami sebagai pemuda yang cinta dengan negara Indonesia sangat berharap semoga toleransi bisa menjadi hal yang benar benar bisa terwujud di negara ini, jika semua warga menghargai perbedaan maka terwujudnya kedamaian akan mudah dicapai, dan akan menjadi penguat persatuan dan kesatuan bangsa dan negara. (ist/Malangpostonline.com)

Editor : bua
Uploader : slatem
Penulis : ist
Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU