Tradisi Resolusi Tahun Baru

  • 30-12-2019 / 21:06 WIB
  • Kategori:Opini
Tradisi Resolusi Tahun Baru

Oleh: Farah Indah Fajriyah, SPd *

 

Hitungan malam tahun baru adalah salah satu momen yang paling banyak dibagikan untuk negara-negara di seluruh dunia, ketika masyarakat menonton televisi mereka untuk menyambut tahun baru. Tentunya, karena matahari terbit di timur, negara-negara terdekat dengan garis tanggal internasional di sisi barat akan mengalami perayaan terlebih dahulu.

Di banyak kota di seluruh dunia, pertunjukan kembang api yang spektakuler terjadi segera setelah jam lewat tengah malam pada tanggal 31 Desember. Aneka kemeriahan disiapkan untuk menyambut malam pergantian tahun. Bahkan tidak jarang pemerintah dan para pedagang bekerja sama guna memfasilitasi dan mencari peluang usaha pada perayaan tahun baru tersebut.

Di beberapa daerah di Indonesia tidak selalu dirayakan dengan hiruk-pikuk pesta kembang api pada perayaan tahun baru yang lalu. Salah satunya kota Sabang. Wali kota Sabang dan instansi terkait berpatroli untuk memastikan tidak ada warga yang membakar kembang api atau petasan guna menciptakan kota Sabang sebagai kota wisata yang Islami. Tidak hanya pada saat tahun baru, pada hari-hari biasa pun tidak diperbolehkan melakukan kegiatan yang bertentangan dengan syariat Islam.     

Ada perayaan untuk menandai awal tahun baru selama ribuan tahun dan terkadang ini hanyalah kesempatan bagi sebagian orang untuk makan, minum,dan bersenang-senang. Tetapi ada juga di beberapa tempat, perayaan itu terhubung dengan acara astronomi. Misalnya, di Mesir awal tahun baru bertepatan dengan ketika sungai Nil banjir, dan ini biasanya terjadi ketika bintang Sirius naik.

Orang persia dan Fenisia memulai tahu baru mereka di quinox musim semi (sekitar 20 Maret ketika Matahari bersinar kurang lebih secara langsung di ekuator yang panjang malam dan siang hari hampir sama).

Mengutip The Sun, sebuah negara di samudera Pasifik bagian selatan yaitu kerajaan Tonga adalah negara pertama yang akan merayakan malam pergantian tahun di dunia, menurut waktu Greenwich. Tonga adalah negara kepulauan yang berjarak 690 kilometer ke arah timur laut Suva, ibukota dan kota terbesar di Fiji. Kepulauan Tonga terletak di perbatasan dua lempeng tektonik yaitu Pasifik dan Australia bagian barat.

Urutan negara yang merayakan malam pergantian tahun dari yang paling pertama hingga terakhir adalah: Tonga dan kepulauan Chrismast di Kiribati, Selandia Baru,  Australia, Jepang dan Korea Selatan, Korea Utara, China, Filipina, Singapura, Indonesia, Myanmar, Bangladesh, Nepal, India dan Sri Lanka, Pakistan, Afganistan, Azerbaijan, Iran, Russia, Yunani, Jerman, Inggris, Brazil, Argentina, Amerika serikat dan Kanada, Amerika serikat (Alaska), Amerika serikat (Hawaii), Amerika serikat (Samoa), Amerika serikat (Pulau Baker dan Pulau Howland).              

Tahun baru juga dinilai sebagian orang adalah waktu yang tepat untuk membuat perubahan menjadi lebih baik. ’Tradisi membuat Resolusi Tahun Baru’. Tradisi ini melibatkan seseorang yang membuat komitmen untuk mengubah kebiasaan atau perilaku yang tidak baik dengan menetapkan tujuan pribadi ke arah yang lebih positif. Seperti misalnya berhenti merokok, menurunkan berat badan, makan makanan yang sehat, berolahraga lebih teratur, menyelesaikan studi, atau seperti yang saya lakukan dalam tahun-tahun sebelumnya. Yaitu ’Saya akan belajar bahasa Inggris setidaknya 30 menit setiap hari’ (Saya biasanya belajar di Learnenglish.britishcouncil.org)’. Resolusi Tahun Baru bisa berupa apa saja. Namun penelitian menunjukkan bahwa banyak Resolusi Tahun Baru gagal karena berbagai alasan.   

Banyak dari kita membuat resolusi, tetapi apa yang tidak kita sadari adalah bahwa masalahnya bukan kita tidak mampu merealisasikan atau menindaklanjuti hal yang dapat dicapai tersebut. Melainkan kita kurang memusatkan perhatian pada satu tujuan, bukan tiga, empat, dan seterusnya itu.

Menurut John Norcross, Ph.D., profesor psikologi di University of Scranton mengatakan ”Kita lebih mungkin bisa mencapai resolusi kita ketika kita memublikasikannya. Berbagi tujuan membuat kita bertanggung jawab, jadi lebih sulit mundur.” Begitu pemaparan Norcross pada acara TV tahun lalu. Resolusi kita tidak boleh hanya menjadi item lain dalam daftar tugas kita. Ingat bahwa tidak apa-apa sedikit tergelincir (lalu kembali ke jalur), artinya memiliki kesalahan adalah hal biasa. Yang terpenting adalah bagaimana kita menanganinya.          

Di sejumlah media, memberitahu kita bahwa pada perayaan Tahun baru tiga tahun terakhir diisi sejumlah masalah yaitu pesta narkoba, pesta seks, kecelakaan akibat pesta kembang api serta petasan. Anak-anak harus dilindungi dari bahaya-bahaya itu. Kita harus memantau dan membimbing putra-putri kita untuk mengisi momentum menyambut tahun baru dengan kegiatan positif dan edukatif. Masyarakat juga perlu memantau agar anak di lingkungan sekitar tetap melakukan hal yang bermanfaat dan mencegah segala kemungkinan potensi negatif.  Karena hal ini penting agar anak tetap terjaga dan tidak menjadi sasaran kejahatan.

Besok, tahun 2020 saatnya bersemangat dalam pengembangan diri. Inti dari resolusi Tahun Baru ini adalah tentang membuat hidup kita lebih baik dengan menghadapi kenyataan dunia ini dengan keberanian, yang membawa perubahan besar dalam memotivasi kita untuk mencapai kehidupan yang berkualitas. Ide Resolusi Tahun Baru untuk siswa-siswa saya, yang dapat membantu saya mencapai tujuan pembelajaran saya pada akhirnya. Be awesome, smile more, be happy, dan memancing daya kreativitas yang ada di dalam diri peserta didik merupakan hal penting yang harus dilakukan. Kreativitas inilah kelak yang akan sangat berguna sebagai bekal mencari pekerjaan setelah mereka lulus sekolah dan menjadi dewasa dengan baik. Dan resolusi ini diharapkan akan mampu melahirkan tindakan produktif dan kreatifitas disertai tindakan-tindakan perlindungan, perhatian, tanggung jawab, dan pengetahuan.(*/ Malangpostonline.com)

*) Guru SD Muhammadiyah 3 Assalam Kota Malang

Editor : lim
Uploader : slatem
Penulis : ist
Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU