Pancasila Untuk Iptek

  • 13-01-2020 / 19:41 WIB
  • Kategori:Opini
Pancasila Untuk Iptek

Oleh : Giga Audina Hidayati

 

Perkembangan IPTEK yang semakin cepat bisa mempengaruhi segala aspek. Bisa berpengaruh positif tetapi juga bisa berpengaruh negatif. Apalagi di era modern ini masuknya IPTEK disengaja atau tidak akan membawa nilai – nilai asing yang dapat mempengaruhi gaya hidup, sikap hidup maupun kehidupan kita.

IPTEK mampu membantu manusia dan memudahkan kehidupan manusia. Selain itu IPTEK penting bagi lembaga pendidikan sehingga IPTEK tidak bisa dipisahkan dari lembaga pendidikan. IPTEK dengan pendidikan memiliki hubungan yang erat. Karena pendidikan sangat dipengaruhi oleh perkembangan IPTEK dan IPTEK merupakan salah satu materi pengajaran sebagai bagian dari pendidikan.

Oleh karena itu agar IPTEK bisa membantu untuk memudahkan kebutuhan manusia maka dalam menggunakan IPTEK harus dengan cara yang tepat.Pengetahuan dan Tekhnologi yang tidak dibarengi dengan dasar-dasar Pancasila yang kuat justru akan menjadi aspek penghancur bangsa terutama dari segi moralitas dan mentalitas.Perubahan dan perkembangan tekhnologi yang terlampau deras menyebabkan terlalu mudahnya informasi dari seluruh penjuru dunia masuk ke dalam bangsa kita. Segala kemudahan dalam berinteraksi juga semakin tidak dapat dibendung lagi. Hal tersebut didukung dengan adanya perkembangan gadget yang menyediakan layanan-layanan dan berbagai fasilitas canggih untuk berkomunikasi.

Hal tersebut berdampak juga pada globalisasi caraberfikir, sehingga manusia menjadi tidak lagi mengacu pada nilai-nilai tradisional bangsa dan agama nya.Kemudahan memperoleh informasi juga telah menyebabkan seseorang mempelajari nilai-nilai yang ada pada bangsa lain, baik yang menyangkut nilai sosial,ekonomi, budaya, politik maupun pertahanan dan keamanan. di bidang ekonomi,misalnya, menjadikan masyarakat Indonesia menjadi bangsa yang konsumtif karena mudahnya akses.

Di sinilah betapa pentingnya landasan Pancasila dalam setiap hati nurani bangsa Indonesia agar tidak akan timbul penyalahgunaan perkembangan IPTEK dalam kehidupan masyarakat. Seperti yang dapat kita lihat dalam kehidupan keseharian. Berbagai macam informasi dapet dengan mudah disebarkan kepada khalayak. Seseorang yang berniat jahat kepada orang lain dapat dengan mudah untuk menghancurkan nama baiknya. misalnya dengan menyebarkan pesan online yang isinya menjatuhkan atau memberikan berita miring tentang orang tersebut dikarenakan dendam pribadiataupun sakit hati. Dalam pengembangan IPTEK harus dengan jiwa atau perikemanusiaan dan harus berpedoman pada nilai – nilai yang   terkandung di dalam Pancasila karena sila – sila dalam Pancasila menunjukkan sistem  etika yang dapat menjaga keutuhan bangsa. Dan agar dalam pengembangan IPTEK bisa bermanfaat serta mensejahterakan kehidupan manusia.

 

Editor : bua
Uploader : slatem
Penulis : ist
Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU