Blandong Kayu Ditangkap Saat Bersembunyi di Rumah Orangtua

  • 03-11-2019 / 15:18 WIB
  • Kategori:Hukum Kriminal
Blandong Kayu Ditangkap Saat Bersembunyi di Rumah Orangtua Tersangka Sumarji, serta barang bukti yang diamankan di Mapolsek Tirtoyudo.

Malangpostonline.com - Unit Reskrim Polsek Tirtoyudo, menangkap seorang blandong kayu, Sabtu (2/11) malam. Yakni, Sumarji, warga Desa Wonoagung, Tirtoyudo. Pria berusia 42 tahun ini, dibekuk karena kasus pencurian kayu di Hutan Pinus petak 91 M, Desa Wonoagung, Tirtoyudo.

Tersangka diringkus petugas ketika bersembunyi di rumah orangtuanya, di Dusun Ngelak, Kelurahan/Kecamatan Dampit. Sebagai barang buktinya, petugas mengamankan 35 gelondong kayu jenis pinus, sebuah gergaji serta sepeda motor Suzuki yang digunakan untuk mengangkut kayu curian.

"Saat ini tersangka masih dalam pemeriksaan di Polsek Tirtoyudo. Kasusnya sedang dikembangkan, apakah ada TKP dan pelaku lainnya," ujar Kasubag Humas Polres Malang, AKP Ainun Djariyah.

Penangkapan tersangka Sumarji ini, bermula dari laporan Hendriono, petugas Perhutani. Hendriono melaporkan kalau di kawasan hutan Pinus, terjadi pencurian kayu. Beberapa pohon Pinus telah ditebang oleh seseorang.

Dari laporan tersebut, polisi lantas menindaklanjuti dengan melakukan penyelidikan. Diketahui bahwa di belakang rumah tersangka tertimbun potongan pohon Pinus.

Setelah mendapatkan cukup bukti, akhirnya petugas memburu tersangka. Hasilnya, tersangka berhasil ditangkap petugas ketika sedang bersembunyi di rumah orangtuanya. 

"Pengakuannya sementara, aksi pencurian tersebut dilakukan seorang diri," tutur mantan Kasat Binmas Polres Malang. 

Dalam pemeriksaan, diketahui bahwa modus operandi pencurian, dilakukan pada malam hari. Tersangka masuk ke dalam hutan yang kemudian menebang beberapa pohon pinus. Pohon yang ditebang, langsung dipotong menjadi beberapa bagian.

Setelah dipotong-potong, kayu tersebut langsung dibawa pulang dengan diangkut dengan sepeda motor. Kayu gelondongan tersebut kemudian disimpan di belakang rumahnya.

"Saya baru kali pertama ini mencuri. Sedianya kayu tersebut akan saya jual kepada orang," ucap tersangka Sumarji, di hadapan penyidik.(agp/Malangpostonline.com )

Editor : agp
Uploader : irawan
Penulis : agp
Fotografer : agp

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU