Antisipasi Kejahatan Jalanan, Polsek Klojen Lakukan Patroli di kawasan Pusat Perbelanjaan

  • 12-11-2019 / 16:49 WIB
  • Kategori:Hukum Kriminal
Antisipasi Kejahatan Jalanan, Polsek Klojen Lakukan Patroli di kawasan Pusat Perbelanjaan

Malangpostonline.com - Pihak kepolisian, baik dari Polres Malang Kota maupun polsek jajaran selalu melakukan langkah antisipasi terjadinya tindak kriminalitas. Salah satunya, dengan mengadakan patroli di kawasan seputar pusat perbelanjaan. Selain itu, petugas kepolisian juga memberikan imbauan kepada pihak keamanan dan masyarakat agar terhindar dari potensi kriminalitas, utamanya kejahatan jalanan.  

Kasubbag Humas Polres Malang Kota, Ipda Ni Made Seruni Marhaeni mengungkapkan, patroli tersebut dilakukan di sepanjang kawasan Jalan Ijen hingga Veteran, Senin (11/11) malam. "Ketika pusat perbelanjaan tutup, banyak karyawan yang pulang. Kondisi jalanan juga cenderung sepi. Untuk itu, kami lakukan patroli agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," terang dia. 

Patroli keamanan tersebut dilakukan sebagai salah satu langkah antisipasi untuk potensi kejahatan jalanan yang kerap terjadi. Mulai dari pencurian, penjambretan, gendam hingga pemalakan. “Selain patrol keliling dengan menggunakan kendaraan. Petugas kepolisian juga melakukan pendekatan kepada petugas keamanan setempat. Mereka memberikan imbauan untuk antisipasi,” jelas dia.

Imbauan yang diberikan agar terhindar dari potensi kejahatan jalanan, yakni masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan dan tidak meremehkan situasi yang ada di sekitarnya. "Jangan mudah percaya kepada orang yang baru dikenal. Apalagi kalau dikasih sesuatu, baik itu barang atau minuman harus waspada," papar dia.

Selain itu, lanjut dia, ia mengimbau masyarakat untuk tidak memebrikan identitas diri atau data pribadi kepada orang lain. Serta, menghindari lokasi yang sepi, bermain ponsel dipinggiran jalan yang bisa menggundang pelaku kejahatan. “Jika memang ada orang yang mencurigakan, langsung laporkan kepada pihak keamanan atau pos polisi terdekat,” lanjut dia.

Perempuan yang akrab disapa Uty itu menyebutkan, antisipasi keamanan tersebut juga dilakukan di kawasan sekitar permukiman warga. “Kepada semua warga harus saling berpartisipasi dalam menjaga keamanan lingkungan sekitar. Kalau perlu, ada jadwal ronda dari warga akan lebih bagus. Sehingga hal itu semakin meminimalisir tindakan kejahatan di kawasan perumahan. Petugas Kepolisian sendiri juga berupaya semaksimal mungkin untuk melakukan patroli,"  pungkas dia.(tea/Malangpostonline.com )

Editor : tea
Uploader : irawan
Penulis : tea
Fotografer : tea

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU