Peningkatan Status Polresta Kurang 7 Hari Lagi

  • 21-11-2019 / 17:28 WIB
  • Kategori:Hukum Kriminal
Peningkatan Status Polresta Kurang 7 Hari Lagi Waka Polres Malang Kota, Kompol Ari Trestiawan

Malangpostonline.com - Dalam waktu dekat, Polres Malang Kota akan naik status menjadi Polresta tipe B1. Selain peresmian peningkatan status, juga akan dilakukan serah terima jabatan (sertijab) Kapolres Malang Kota, dari AKBP Dony Alexander kepada AKBP Leonardus Simarmata.

Hal tersebut diungkapkan oleh Waka Polres Malang Kota, Kompol Ari Trestiawan kepada Malangpostonline.com, Kamis (21/11). Direncanakan, penetapan status baru tersebut akan diadakan pada Kamis (28/11) mendatang dan dihadiri langsung oleh Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Luki Hermawan. “Jika tidak ada perubahan, acaranya Kamis pekan depan. Dihadiri langsung oleh Kapolda,” terang dia.

Ketika ditanya terkait perluasan wilayah dan kemungkinan penambahan personel, Ari masih belum bisa memberikan banyak komentar. “Kalau itu, saya kurang tahu. Saya tidak bisa memberikan jawaban,” ujar pria yang tak lama lagi akan menjabat sebagai Waka Polres Ngawi ini.

Selain prosesi penetapan peningkatan status, secara otomatis juga akan ada penyegaran personel. Termasuk Kapolres Malang Kota, Dony Alexander yang baru tiga bulan menjabat, harus berpindah menjadi Kapolres Pasuruan Kota. “Karena naik jadi Polresta maka kan jajarannya harus menyesuaikan, termasuk jabatan Kapolres. Nanti sertijabnya dilakukan saat proses seremonial itu,” ungkap Arie.

Sementara, untuk jajaran perwira lain yang dimutasi, termasuk dirinya. Masih menunggu perintah berikutnya untuk proses sertijab. Namun, dalam surat telegram yang ada, jabatan Waka Polres Malang Kota yang baru masih belum ditentukan. “Pengganti saya telegramnya belum turun. Mungkin nanti dari Mabes Polri ya,” kata dia.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, beberapa perwira yang bertugas di Polres Malang Kota dimutasi. Pemindahan tugas tersebut berdasarkan surat telegram Kapolda Jawa Timur No.ST/2498/XI/KEP/2019 yabg diterima wartawan, Rabu (20/11).

Setidaknya, ada delapan perwira yang berpindah tugas. Yakni, Waka Polres Malang Kota, yakni Kompol Arie Trestiawan yang dimutasi menjadi Wakapolres Ngawi, Kasatlantas AKP Ari Galang Saputra yang dipindah menjadi Kapolsek Bubutan Polrestabes Surabaya dan Kompol Anang Trihananta berpindah menjadi Kabagops Polres Malang.

Selain itu, Iptu Rachmat Ridho yang sebelumnya menjadi Kasatresnarkoba Polres Malang Kota dipindah menjadi Kasatresnarkoba Polres Pasuruan Kota, Kasat Binmas, AKP Nunung Anggraeni dipindah menjadi Kasatbinmas Polres Malang, AKP Komang Yogi Arya yang berganti tugas menjadi Panit I Unit II Subdit 1 Ditreskrimsus Polda Jatim serta  Iptu Muhammad Riza Rahman yang pindah menjadi Kasat Intelkam Pasuruan Kota. Sementara, Kasat Sabhara Polres Malang Kota, AKP Sutomo akan diangkat sebagai Pama Polres Malang Kota.

Sementara, tugas sebagai Kasatlantas Polres Malang Kota akan diisi oleh AKP Priyanto yang semula bertugas sebagai Kapolsek Bubutan Surabaya. Kemudian AKP Yunar Hotma Parulian Sirait yang semula menjabat sebagai Kanit II Subdit V Ditreskrimsus Polda Jatim akan menjadi Kasat Reskrim Polres Malang Kota. Kemudian AKP Sunyoto yang semula menjadi Kasatbinmas Polres Malang akan mengisi jabatan sebagai Kapolsek Sukun.

Sementara, jabatan sebagai Kasatbinmas Polres Malang Kota akan diisi oleh Komp Pudjiono yang semula adalah Kapolsek Lowokwaru. Sedangkan posisi Kasat Reskoba akan diisi oleh Kompol Adi Sunarto yang semula menjabat sebagai Kapolsek Turen. Serta, Kompol Sutiono yang semula menjabat sebagai Kanit V Subdit II Ditintelkam Polda Jatim akan mengisi jabatan baru sebagai Kasat Intelkam Polres Malang Kota. Sementara jabatan Kasat Sabhara Polres Malang Kota akan digantikam oleh Kompol Suko Wahyudi yang semula adalah Kasubbagrenmin Ditpamovit Polda Jawa Timur.(tea/Malangpostonline.com)

Editor : tea
Uploader : slatem
Penulis : tea
Fotografer : tea

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU