Jaga Keamanan, Polres Makota Lakukan Patroli Toko Emas

  • 24-11-2019 / 16:52 WIB
  • Kategori:Hukum Kriminal
Jaga Keamanan, Polres Makota Lakukan Patroli Toko Emas FOTO: Humas Polres Malang Kota for Malang Post online

Malangpostonline.com - Pihak kepolisian dari Polres Malang Kota dan polsek jajaran tak henti melakukan patroli untuk menjaga situasi kamtibmas. Tak hanya di kawasan tempat tinggal saja, patroli trrsebut juga dilakukan di kawasan yang memiliki potensi kerawanan 3C, yakni pencurian kendaraan bermotor (curanmor), pencurian dengan pemberatan (curat) dan pencurian dengan kekerasan (curas).

Salah satunya, yakni Toko Emas yang ada di kawasan Pasar Besar, Kota Malang. Sebab, selama ini, toko emas kerap menjadi incaran pelaku kriminal. "Para karyawan dan pemilik toko emas harus berhati-hati dan waspada. Jangan mudah percaya dengan orang yang baru saja dikenal," ujar Kasubbag Humas Polres Malang Kota, Ipda Ni Made Seruni Marhaeni.

Jika ada calon pembeli yang datang dan berusaha mencoba perhiasan, harus diawasi betul-betul. Apalagi, kalau toko dalam kondisi ramai. "Kami juga mengimbau agar pemilik toko emas memasang kamera pengintai dan menambah petugas keamanan sebagai salah satu bentuk kewaspadaan," kata dia.

Melalui kegiatan tersebut, sekaligus untuk menjaga hubungan baik antara polisi dengan warga dengan melalui program Polisi RW. "Kami melakukan pendekatan humanis kepada masyarakat. Supaya, kalau ada suatu kejadian yang menonjol, mereka tidak ragu untuk melapor kepada kami. Sehingga, kami bisa bersama-sama untuk menjaga kondusivitas Kota Malang, " tandas dia.

Pada kesempatan patroli tersebut, pihak kepolisian juga bertemu dengan tokoh agama dan juga tokoh masyarakat setempat untuk memberikan imbauan soal kamtibmas. "Selain itu, kami juga membuat spanduk imbauan di setiap wilayah yang rawan terjadi pencurian. Sehingga, masyarakat bisa waspada dan menjaga barang-barang berharga,” jelas dia.

Perempuan berkacamata ini menambahkan, sejauh ini, pihak Polres Malang Kota juga sedang menggencarkan tim Hunter Makota untuk mengurangi angka kejahatan pencurian. “Anggota kepilisian kami sebarkan ke beberapa titik rawan kejahatan. Kemudian, mereka juga melakukan tindakan preventif hingga melakukan penindakan jika ada masyarakat yang terbukti melakukan tindak kriminal,” kata dia.

Selain itu, tim hunter Makota juga harus melakukan patroli secara aktif. Para anggota kepolisian harus secara aktif melakukan pendekatan kepada masyarakat. “Ketika melakukan patroli, mereka harus turun dan melakukan pendekatan kepada warga masyarakat sehingga bisa secara langsung mendengar keluh kesah mereka,” tandas dia.(tea/Malangpostonline.com)

Editor : tea
Uploader : slatem
Penulis : tea
Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU