Viral, Mantan Perangkat Desa di Malang Cetak Uang Kertas Lalu Diedarkan

  • 19-01-2020 / 17:38 WIB
  • Kategori:Hukum Kriminal
Viral, Mantan Perangkat Desa di Malang Cetak Uang Kertas Lalu Diedarkan DIAMANKAN: Sutinggal, pemalsu uang diamankan di Mapolsek Turen setelah terciduk mengedarkannya di Pasar Gedog, Kecamatan Turen.

Malangpostonline.com - Seorang mantan perangkat desa di Kabupaten Malang terciduk mengedarkan uang palsu di aeral Pasar Gedog, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Minggu (19/1) pagi. Peristiwa ini menjadi viral di salah satu komunitas Malang jejaring social Facebook. Berbagai komentar negatif pun bermunculan akibat aksi pelaku ini.

Dia diketahui bernama Sutinggal, 62, warga Desa Girimulyo RT16 RW05, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. Untuk sementara, ia masih menjalani pemeriksaan intensif di Mapolsek Turen. Namun, keterangan sementara kepada polisi, Sutinggal mengaku sengaja melakukan perbuatan itu untuk mencari keuntungan yang banyak.

Modusnya, ia mencetak uang kertas dengan menggunakan komputer dan print kantor desa. Lalu, uang itu diguntingnya sendiri. Informasi yang dihimpun malangpostonline.com, pelaku ditangkap di dalam pasar Gedog oleh pengunjung dan dibawa ke pos satpam pasar. Setelah digeledah ditemukan banyak uang palsu di saku dan jok motor.

Pecahan uang yang dipalsukan juga tidak main-main. Yakni Rp 20.000, Rp 50.000 hingga Rp 100.000. Dari tampilannya, uang itu juga mirip dengan aslinya, namun terlalu terang. Uang-uang palsu itu lantas dibeber di meja Mapolsek Turen. “Ini sekarang sedang diitung oleh satpam pasar berapa orang yang sudah kena tipu. Sepertinya memang sudah banyak orang yang kena,” tulis netizen. (mar)

Editor : mar
Uploader : slatem
Penulis : marga
Fotografer : marga

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU