Sopir Penyebab Kecelakaan Beruntun Resmi Jadi Tersangka

  • 27-01-2020 / 15:28 WIB
  • Kategori:Hukum Kriminal
Sopir Penyebab Kecelakaan Beruntun Resmi Jadi Tersangka Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata

Malangpostonline.com - Pihak kepolisian tak main-main untuk mengusut kasus kecelakaan beruntun yabg terjadi di Jalan Ki Ageng Gribig yang terjadi pada Selasa (21/1) lalu. Atas kejadian ini, Polresta Malang Kota menetapkan Aiptu CI, sopir kendaraan dinas sebagai tersangka. Sebab, kecelakaan itu mengakibatkan satu orang tewas dan tiga orang luka-luka.

Hal tersebut ditegaskan oleh Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata di sela-sela pers rilis di halaman Polresta Malang Kota, Senin (27/1). "Saat ini, sudah kami tetapkan sebagai tersangka," tegas dia.

Leo menguraikan, Aiptu CI akan diproses secara pidana dan sidang disiplin. Berdasarkan UU Nomor 22 tahun 2009 pasal 310 ayat 4, pengemudi yang lalai dan mengakibatkan kecelakaan hingga menimbulkan korban jiwa, dipidana dengan pidana penjara paling lama enam tahun dan atau denda paling banyak Rp12 juta. “Jadi nanti double yakni pidana juga sanksi kepolisian,” urai dia.

Leo menjelaskan, berdasarkan hasil penyelidikan yang dilakukan oleh Polda Jawa Timur, anggota Polsek Kedungkandang tersebut dinilai lalai dalam mengemudikan mobil patroli. "Itu akibat human error, bukan pada mobilnya," kata Leo.

Sementara itu, berdasarkan hasil penyelidikan yang dilakukan oleh Dirlantas Polda Jawa Timur, menunjukkan bahwa kendaraan patroli milik Polsek Kedungkandang itu dalam kondisi yang baik. "Kalau hasil kesehatan pelaku, masih belum turun," kata dia.

Namun, sampai saat ini, Leo enggan menyebut bentuk kelalaian yang dilakukan oleh Aiptu CI itu. "Nanti kota proses dulu. Pengakuan yang bersangkutan seperti apa," tandas dia.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, anggota Polsek Kedungkandang, Aiptu CI membawa mobil dinas ke SPBU di kawasan Kedungkandang. Setelah mengisi bahan bakar, ia hendak kembali ke Polsek Kedungkandang. Namun, dalam jarak beberapa meter, ia menabrak beberapa kendaraan. Setidaknya, ada tujuh kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan itu. Dalam peristiwa tersebut, tiga orang dinyatakan luka-luka dan langsung mendapat perawatan. Sementara, satu orang dinyatakan meninggal dunia pada Jumat (24/1) ketika menjalani perawatan. (tea)

Editor : tea
Uploader : rois
Penulis : tea
Fotografer : Ipunk

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU