Dubes Rusia Pamer Kecanggihan Su-35 yang Mau Diboyong Prabowo

  • 06-02-2020 / 13:35 WIB
  • Kategori:Internasional
Dubes Rusia Pamer Kecanggihan Su-35 yang Mau Diboyong Prabowo Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva (CNBC Indonesia/Rehia Sebayang)

Malangpostonline.com - Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Georgievna Vorobieva kembali buka suara perihal rencana Pemerintah Indonesia menuntaskan pembelian kontrak 11 jet tempur Sukhoi Su-35. Menurut dia, Indonesia tidak akan rugi apabila memiliki pesawat tempur tersebut.

"Anda tahu, jika Anda bicara soal kecanggihan Su-35, pesawat tempur itu telah diuji dalam kondisi perang atau real war saat operasi militer kami di Suriah. Dan testimoni dari penggunaan pesawat itu memiliki kualitas yang sangat baik," kata Vorobieva dalam wawancara eksklusif bersama cnnindonesia.com di Jakarta, Selasa (4/2/2020), seperti dikutip cnbcindonesia.com, Kamis (6/2/2020).

Sekadar gambaran rencana Indonesia membeli 11 jet tempur Su-35 ini sudah berlangsung sejak sekitar dua tahun terakhir. Kontrak pembelian belasan jet senilai Rp16,75 triliun itu diteken kedua negara sekitar Februari 2018 lalu.

Pada akhir 2018, sejumlah pihak menuturkan belasan Sukhoi siap mengangkasa di Indonesia pada 2019. Namun, hingga kini kontrak pembelian belasan pesawat itu tak kunjung jelas.

Pada awal pekan lalu, penuntasan Sukhoi Su-35 kembali mencuat. Ini setelah Menteri pertahanan Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto melakukan kunjungan kerja ke Rusia. Di sana, Prabowo bertemu dengan Menhan Rusia Sergey Shoygu di Moskow, Rusia.

Dalam pertemuan tersebut, keduanya dikabarkan membahas berbagai hal, mulai dari masalah kerja sama bilateral antara dua negara dan rencana penuntasan pembelian 11 unit Sukhoi Su-35. Hal itu dikonfirmasi Duta Besar RI untuk Rusia Wahid Supriyadi.

Terkait hal itu, Vorobieva mengingatkan ada tahapan demi tahapan yang harus dilalui sebelum pesawat tiba di Tanah Air.

"Akuisisi pesawat militer ini tidak sama seperti jika Anda membeli barang di pasar. Anda bisa membeli apa pun yang Anda mau dan membayarnya sehingga langsung mendapatkan barangnya. Sebelum bisa dikirim, pesawat-pesawat ini harus diproduksi terlebih dahulu dan masalah-masalah detail lainnya seperti masalah finansial dan teknis lainnya juga harus diselesaikan sebelum transaksi berlangsung," kata Vorobieva.

 

"Saya jamin dan optimistis bahwa kontrak pembelian akan disepakati pada akhirnya dan Indonesia akan memiliki pesawat militer terbaik di dunia," lanjutnya, dikutip dari CNBC Indonesia.

Vorobieva juga mengklaim Rusia merupakan satu-satunya negara yang memiliki sistem persenjataan hypersonic tercanggih, bahkan mengalahkan Amerika Serikat sebagai kekuatan militer terbesar di dunia.

"Saya yakin Anda telah membaca beberapa laporan terkait bahwa Rusia memiliki teknologi muktahir yang belum dimiliki negara lainnya di dunia seperti rudal hypersonic. Tidak mengejutkan jika persenjataan kami dan teknologinya sangat baik," ujar Vorobieva.

Dia mengungkapkan banyak negara memiliki teknologi canggih dalam konteks persenjataan. Negara-negara seperti AS, sejumlah negara di Eropa, juga China masih terus mengembangkan teknologi senjata.

"Tapi ya sampai saat ini mereka semua tidak bisa menandingi level perkembangan teknologi Rusia," kata Vorobieva. (miq/sef/cnbc/bua)

 

 

 

PENTING! Baca Ini:

https://m.malangpostonline.com/bisnis/lowongan-kerja

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-baris

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-properti

Editor : bua
Uploader : rois
Penulis : CNBC
Fotografer : CNBC

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU