WHO Sebut Vaksin Corona Baru Tersedia Setahun Lagi

  • 24-02-2020 / 20:54 WIB
  • Kategori:Internasional
WHO Sebut Vaksin Corona Baru Tersedia Setahun Lagi WHO menyatakan proses pembuatan vaksin virus corona memakan waktu karena harus melalui berbagai uji medis sebelum dinyatakan aman. (Chinatopix via AP)

Malangpostonline.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan vaksin virus corona (Covid-19) kemungkinan baru tersedia dalam 10 sampai 12 bulan ke depan. Perwakilan WHO di Indonesia, N Paranietharan, mengatakan vaksin akan disebar setelah pihaknya benar-benar memastikan kalau penemuan tersebut aman untuk digunakan manusia.

"Kami tidak begitu yakin tapi kemungkinan vaksin ini akan memakan waktu hingga satu tahun (untuk selesai). Jika kita beruntung mungkin 10 bulan (bisa selesai) sampai kami dapat hasil kerja vaksin tersebut terhadap manusia," kata Paranietharan usai memberi paparan di forum Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) di Jakarta pada Senin (24/2).

Melansir CNN Indonesia, selain vaksin, Paranietharan juga menuturkan WHO terus bekerja menemukan prosedur perawatan yang tepat dan efektif untuk menekan tingkat kematian hingga menyembuhkan pasien yang terjangkit Covid-19.

Paranietharan menargetkan WHO akan merilis hasil penelitian awal terkait prosedur perawatan pasien virus corona yang efektif dan jelas.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Duta Besar China untuk Indonesia, Xiao Qian, menyatakan para peneliti Negeri Tirai Bambu masih terus berupaya menemukan vaksin virus corona.

Sejauh ini, Xiao mengatakan bahwa saat ini China masih mengembangkan vaksin corona untuk diuji pada hewan.

"Sekarang (vaksin) masih diuji terhadap binatang. Kurang dari setahun itu akan dicoba pada pasien corona terutama mereka yang dalam kondisi kritis," kata Xiao.

Per hari ini, korban meninggal akibat terinfeksi virus corona telah mencapai 2.465 jiwa di dunia. Korban terbanyak berada di China, terutama Provinsi Hubei yang menjadi sumber penyebaran epidemi itu.

Kasus kematian akibat corona juga telah terjadi di Korea Selatan, Jepang, Filipina, dan Italia.

Sementara itu, virus corona telah menginfeksi lebih dari 79.930 orang di seluruh dunia, terutama di China. (rds/ayp/cnn/bua)

 

PENTING! Baca Ini:

https://m.malangpostonline.com/bisnis/lowongan-kerja

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-baris

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-properti

 

Editor : bua
Uploader : slatem
Penulis : CNN
Fotografer : CNN

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU