UPDATE NOW
UPDATE NOW

Pasca Banjir, Sampah 50 Meter Sumbat Aliran Air di Jembatan Tiga Desa

  • 18-01-2019 / 13:49 WIB
  • Kategori:Nasional
Pasca Banjir, Sampah 50 Meter Sumbat Aliran Air di Jembatan Tiga Desa TUMPUKAN SAMPAH: Petugas dari BPBD dibantu warga membersihkan sampah akibat banjir yang menyumbat di Jembatan tiga Desa Kesambi Mejobo Kudus kemarin. (Donny Setyawan/RK)

MEJOBO – Sampah sepanjang 50 meter menyumbat aliran air di sungai Kesambi kemarin. Hujan deras tampaknya membawa sampah dari sungai Piji menuju ke sungai di RT 3 RW 1, Mejobo, Kudus.

Menurut Julianto, 37, mengatakan, sebetulnya sampah menumpuk sejak Rabu, 16 Januari 2018 pukul 20.00. Dia mengungkapkan sampah ini kiriman dari sungai Piji.

”10 hari yang lalu kami melakukan pembersihan sampah kiriman dari utara. Sampah masih didominasi bambu. Namun sekarang ini kondisinya makin parah,” ungkapnya.

Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus melakukan aksi cepat tanggap bencana. Lebih dari 10 orang tim relawan membersihkan sungai. Mereka mengangkut sampah dari sungai dengan cara manual. Tak hanya itu, mereka juga mengerahkan dua unit truk dump sampah dari dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH) Kabupaten Kudus untuk menampung sampah.

Kepala dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus Bergas Catursasi Penanggungan mengungkapkan, sungai Kesambi sudah dilakukan mitigasi bencana pada Minggu (30/12) lalu oleh pihaknya. Namun sampah yang didominasi ranting bambu, batang pohon, serta sampah rumah tangga ini terbawa arus hingga ke sungai Kesambi. Dikhawatirkan jika air sungai meluap akan mengakibatkan banjir.

”Melihat sumber masalahnya masih sama, yakni sampah bambu. Tanaman bambu harus diselesaikan melihat dampak yang terjadi sekarang,” ungkapnya. Ia juga mengimbau masyarakat agar menata aliran sungai dan jangan membuat sampah sembarangan. (gal/ks/mal/top/JPR/JPC/MPOL)

Editor : irawan
Uploader : irawan
Penulis :
Fotografer :

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU