Diterjang Banjir Bandang, Jalur Pantura Macet Dua Kilometer

  • 23-02-2019 / 16:05 WIB
  • Kategori:Nasional
Diterjang Banjir Bandang, Jalur Pantura Macet Dua Kilometer Foto: Istimewa

KUDUS – Banjir bandang melanda Jalur Pantura dan sebagian Desa Klaling, Kecamatan Jekulo, kemarin siang sekitar pukul 14.00. Banjir terjadi akibat hujan deras yang melanda serta meluapnya sungai gajah. Puluhan rumah terdampak akibat kejadian ini. Selain itu, Jalur Pantura terjadi kemacetan hingga 2 km.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Selain rumah, banjir juga menerjang sejumlah perkantoran. Meliputi Polsek Jekulo, KUA Jekulo, SMA 1 Jekulo, Loka Bina Karya Jekulo, BRI Jekulo, Koramil Jekulo, Terminal Truk Klaling, dan Puskesmas Jekulo. Dinding bangunan sebelah timur kantin di gedung Loka Bina Karya (LBK) Jekulo ambrol.

”Ini roboh karena tidak kuat menahan air kiriman dari atas. Sehingga sungai meluap,” kata Iwan, 22, penjaga warung di LBK sambil menunjuk dinding ambrol yang berada di sebelah kanannya.

Dikatakan, sesaat sebelum dinding gedung ambrol, ketinggian air mencapai satu meter. Terkait kerugian material, ditaksir mencapai Rp 30 juta. Hingga sore kemarin, ia bersama dua orang rekannya terlihat masih melakukan pembersihan lumpur dan sisa material banjir. ”Alhamdulillah surutnya cepat. Jadi kami bisa evakuasi barang-barang,” ujarnya.

Dari pantauan di lapangan, sampai sore kemarin sejumlah genangan air masih terlihat di beberapa lokasi. Puluhan warga terlihat bekerja bakti membersihkan sisa material dan lumpur. Sejumlah relawan BPBD juga turut membantu upaya pembersihan.

Tim BPBD terpaksa menjebol dinding pagar KUA. Ini dilakukan untuk mengalirkan air, sebab air bercampur lumpur di belakang gedung tak bisa mengalir.

Jalur Pantura juga dipenuhi lumpur di sisi kanan dan kiri. Arus lalu lintas sempat tersendat dan kendaraan mengular hingga sekitar 2 km.

Kepala Pelaksana BPBD Kudus Bergas C Penanggungan, mengatakan, ada dua desa yang terdampak banjir bandang siang kemarin. Meliputi Desa Klaling dan Desa Pladen.

Banjir bandang terjadi karena di Pegunungan Patiayam Jekulo terjadi hujan dengan intensitas tinggi. Sehingga menyebabkan Sungai Klaling yang melintas di sebelah pangkalan truk meluap. ”Ada sekitar 40 rumah yang terdampak,” imbuhnya. (JPC/MPOL/bua)

Editor : bua
Uploader : irawan
Penulis : JPC
Fotografer :

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU