Berpotensi Sebabkan Dehidrasi, Mulai Besok Jatim akan Alami Hari Tanpa Bayangan

  • 10-10-2019 / 22:11 WIB
  • Kategori:Nasional
Berpotensi Sebabkan Dehidrasi, Mulai Besok Jatim akan Alami Hari Tanpa Bayangan Hari tanpa bayangan/Foto: (BMKG/Detik/ist)

Malangpostonline.comSurabaya - Seluruh wilayah di Jatim akan mengalami hari tanpa bayangan. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda mengatakan fenomena bernama kulminasi utama ini akan terjadi mulai Jumat (11/10).

Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda Teguh Tri memaparkan, kulminasi utama merupakan fenomena matahari tepat berada di posisi paling tinggi di langit. Saat itu, matahari akan berada di titik zenit atau tepat di atas kepala.

"Akibatnya bayangan benda tegak akan terlihat menghilang, karena bertumpuk dengan benda itu sendiri," ujar Teguh, dikutip dari Detikcom, Kamis (10/10/2019).

Karena posisi matahari tepat di atas kepala, Teguh mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai adanya peningkatan suhu. Teguh menyebut saat siang, akan berpotensi menyebabkan dehidrasi.

"Berkisar 0,5-1 C dari normalnya terutama di siang hari yang berpotensi menyebabkan dehidrasi. Tetap menjaga kondisi dengan asupan air yang cukup bagi tubuh," imbuhnya

Selain itu, Teguh mengatakan fenomena ini kerap terjadi tiap tahun. Ia mengimbau masyarakat agar tidak mengkhawatirkan fenomena ini.

"Tiap tahun di Indonesia, di Jatim secara khusus juga akan mengalaminya. Itu bukan sesuatu hal yang harus dikhawatirkan berlebih kepada masyarakat," paparnya.

Dari data yang diterima, wilayah Jatim yang mengalami hari tanpa bayangan pada Jumat (11/10) yakni Sumenep, Bangkalan dan Tuban. Selanjutnya pada Sabtu (12/10) wilayah Surabaya, Pamekasan, Sampang, Sidoarjo, Gresik, Lamongan, Bojonegoro dan Ngawi.

Kemudian pada Minggu (13/10), fenomena ini terjadi di Situbondo, Kraksaan, Probolinggo, Pasuruan, Bangil, Mojosari, Mojokerto, Jombang, Ngasem, Kediri, Nganjuk, Caruban, Madiun dan Magetan.

Selanjutnya pada Senin (14/10), fenomena ini terjadi di Bondowoso, Jember, Lumajang, Malang, Kepanjen, Batu, Kanigoro, Blitar, Tulungagung, Trenggalek, Ponorogo dan Pacitan. Terakhir pada Selasa (15/10), hari tanpa bayangan terjadi di Banyuwangi. (sun/bdh/bua/Malangpostonline.com)

Editor : bua
Uploader : slatem
Penulis : DTK
Fotografer : DTK

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU