Per Orang Rp 7 Juta, Syaratnya Penuhi 8 Tahapan

Gaji Pengangguran Cair Tahun Depan

  • 21-11-2019 / 06:56 WIB
  • Kategori:Nasional
Gaji Pengangguran Cair Tahun Depan KABAR GEMBIRA: Menaker Ida Fauziah memaparkan program Kartu Prakerja atau disebut juga gaji pengangguran di Komisi IX DPR RI, kemarin.

Malangpostonline.com, JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziah menyatakan pemerintah akan menggelontorkan insentif sebesar Rp 3,65 juta sampai dengan Rp 7,65 juta per kepala untuk peserta program Kartu Prakerja. Program yang direalisasi tahun depan ini sejenis bantuan untuk pengangguran yang mencari pekerjaan.

Menurut Menaker Ida Fauziah, insentif tersebut diberikan kepada peserta untuk empat keperluan. Pertama, membiayai pelatihan. “Biaya pelatihan Rp 3 juta- Rp 7 juta bergantung dari jenis pelatihan yang diikuti peserta,” kata Ida saat rapat kerja (raker) Kementerian Ketenagakerjaan dengan Komisi IX DPR, Rabu (20/11) kemarin.

Kedua, untuk biaya sertifikasi yang akan disubsidi pemerintah. Subsidi diberikan sebanyak Rp 0- Rp 900 ribu.

“Nah, sertifikasi itu sendiri tergantung perusahaan butuh sertifikasi atau tidak, kalau tidak ada ya nol,” katanya.

Ketiga, untuk insentif paska pelatihan. Peserta akan diberikan insentif sebesar Rp 500 ribu untuk kebutuhan melamar pekerjaan. “Ini insentif untuk persiapan pelamaran kerja. Karena mereka posisinya pencari kerja, maka bisa dilihat mereka tidak dalam status finansial untuk mencari lowongan,” tuturnya.

Sedangkan keempat biaya survei. Total insentif yang digelontorkan untuk biaya pengisian survei sebesar Rp150 ribu. Biaya diakumulasi dari pengisian tiga survei yang akan diisi peserta setelah melewati program pelatihan dan juga proses sertifikasi.

“Diberikan reward Rp 50 ribu setelah pengisian survei. Survei pekerjaan dilakukan tiga kali, jadi 3 x Rp 50 ribu,” ungkapnya.

Ida mengatakan survei dilakukan untuk mendata dan melihat status para peserta program Kartu Prakerja yang telah mengikuti program pelatihan ataupun uji kompetensi untuk sertifikasi.

“Data ini bermanfaat bagi project management office untuk meningkatkan kualitas dan kinerja layanan program Kartu Prakerja,” imbuhnya.

Pemerintah akan menggelontorkan anggaran Rp10 triliun untuk menjalankan Program Kartu Prakerja. Program tersebut merupakan salah satu janji yang disampaikan Presiden Jokowi saat kampanye pemilihan Presiden 2019.

Berdasarkan data paparan Ida, total anggaran program Kartu Prakerja yang ada di APBN 2020 sejumlah Rp10 triliun. “Jadi, total manfaat per peserta berkisar Rp 3.650.000 hingga Rp 7.650.000 dengan total anggaran yang ada di APBN 2020 sejumlah Rp10 triliun. Etimasi dua juta penduduk yang akan mengikuti program,” jelasnya.

Cara Pengangguran Dapat Gaji

Di depan Komisi IX kemarin, Menaker Ida Fauziah memaparkan cara mendapatkan Kartu Prakerja Jokowi. Terdapat delapan tahapan yang harus dilalui jika ingin mendapatkan insentif bagi pengangguran itu.

Pertama, masyarakat harus mendaftar di situs kemnaker.go.id atau datang langsung ke Balai Latihan Kerja (BLK). “Yang lebih dulu mendaftar akan dapat mengikuti pelatihan vokasi lebih awal dibandingkan yang mendaftar belakangan,” ujarnya.

Setelah itu, pemerintah akan melakukan proses seleksi secara online. Hasilnya akan diumumkan melalui situs Kemnaker, aplikasi perusahaan digital yang menjadi mitra, maupun cara lainnya untuk memastikan informasi diberikan kepada pendaftar.

Ketiga, setelah lulus seleksi, peserta perlu memilih lembaga pelatihan vokasi melalui website atau aplikasi. Keempat, peserta mengikuti pelatihan sesuai yang dipilih, baik secara tatap muka maupun daring. “Biaya tergantung dari jenis pelatihan yang diikuti peserta,” tuturnya.

Kelima, peserta akan mendapatkan sertifikat setelah mengikuti pelatihan. Biaya sertifikasi disubsidi pemerintah hingga Rp 900 ribu.

Keenam, peserta akan menerima insentif dari pemerintah yang besarannya sebesar Rp 500 ribu untuk kebutuhan melamar pekerjaan. “Karena mereka posisinya pencari kerja, maka bisa dilihat mereka tidak dalam status finansial untuk mencari lowongan,” jelasnya.

Ketujuh, peserta memberikan rating dan ulasan dari pelatihan yang telah diikuti. Terakhir, pemegang Kartu Prakerja harus mengisi tiga survei. (cni/van/Malangpostonline.com)

Editor : van
Uploader : irawan
Penulis : CNN
Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU