Jokowi Kaget Putri Tanjung Masih 23 Tahun

Tujuh Milenial Jadi Staf Khusus Presiden

  • 22-11-2019 / 01:09 WIB
  • Kategori:Nasional
Tujuh Milenial Jadi Staf Khusus Presiden

JAKARTA- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengangkat tujuh staf khusus dari kalangan milenial. Mereka dikenalkan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (21/11) sore kemarin. Selain berusia muda, tujuh pembantu khusus Presiden Jokowi itu berlatar belakang penuh inspirasi.

Dari tujuh generasi muda itu, putri pengusaha Chairul Tanjung, Putri Indahsari Tanjung tercatat berusia termuda. CEO dan pendiri Creativepreneur ini masih berumur 23 tahun. Sedangkan enam lainnya yakni pendiri Ruangguru.com Adamas Belva Syah Devara (29), perumus Gerakan Sabang Merauke Ayu Kartika Dewi (34), pendiri Thisable Enterprise yang juga kader PKPI Angkie Yudistira (32). Selain itu pemuda asal Papua lulusan Universitas Oxford Gracia Billy Mambrasar (31), mantan Ketua PB Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Aminuddin Maruf (33). Kemudian, pendiri perusahaan tekonologi finansial Amartha yang juga lulusan ITB Andi Taufan Garuda Putra (32).

Saat diumumkan, para staf khusus itu mengenakan kemeja putih dan celana hitam. Sama seperti ketika  para menteri diumumkan Jokowi pada Oktober lalu. "Saya ingin kenalkan stafsus presiden yang baru. Tugas khusus mengembangkan inovasi di berbagai bidang. Jadi di sini anak-anak muda semua," jelasnya di Istana Kepresidenan.

Ketujuh anak muda itu, lanjut Jokowi, akan menjadi teman diskusinya. “Mereka menjadi teman diskusi saya, mingguan, bulanan yang out of the box. Saya yakin dengan gagasan segar, kreatif untuk bangun bangsa ini," lanjut Jokowi.

Mengenai Putri Indahsari Tanjung, ternyata sempat bikin Jokowi kaget. Itu karena usianya masih muda. "Umur 23 tahun, saya juga kaget masih 23 tahun. Kiprahnya founder dan CEO kreatif," kata Jokowi.

Tak ketinggalan Jokowi juga memuji Gracia Billy Mmabrasar serta Adamas Belva Syah Devara. Menurut mantan Wali Kota Solo itu, keduanya merupakan pemuda berbakat dengan latar belakang pendidikan serta pengalaman yang mumpuni.

"Saudara Adamas Belva Syah, S2 gand di Harvard dan Stanford University. Kita kenal Mas Belva pendiri dan CEO Ruang Guru," kata Jokowi. "Gracia Billi, usia 31 tahun ini putra tanah Papua. Lulusan Australia dan masih di Oxford. Billi adalah talenta hebat yang banyak berkontribusi bangun tanah Papua," sambungnya.

Staf khusus presiden bertugas membantu Presiden Jokowi di luar fungsi kementerian dan lembaga. Para anggota staf khusus bertanggung jawab kepada Sekretaris Kabinet. Itu diatur dalam Perpres No 39 tahun 2018 tentang Utusan Khusus Presiden, Staf Khusus Presiden dan Staf Khusus Wakil Presiden.

Para staf khusus presiden memiliki masa jabatan paling lama lima tahun atau sama dengan masa jabatan presiden. Meski demikian, mereka bisa kapan saja dicopot oleh presiden walau belum lima tahun menjabat.

 

Berkarya Sejak Usia 15 Tahun

Putri Indahsari Tanjung mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi karena telah dipercaya menjadi staf khusus presiden untuk periode 2019-2024 meski saat ini masih berusia 23 tahun.

Usai diperkenalkan Presiden Jokowi, Putri Tanjung menceritakan sedikit pengalamannya. Terutama ketika mulai berkarya di usianya yang masih sangat muda. "Jadi memang saya dari umur 15 tahun sudah berkarya sendiri. Mencoba untuk independen," imbuh Putri.

Kemudian, Putri memutuskan untuk mendirikan Creativepreneur Event Creator di usianya yang ke 15 tahun. Dia melakukan itu untuk mencoba independen dan berkarya sendiri.

"Awalnya memang dari tekanan, karena setiap orang pasti nyambung-nyambungin saya sama bapak saya. Akhirnya saya mau mencoba, saya bisa apa sih sebenarnya," kata Putri

"Creativepreneur itu adalah sebuah event organizer, yang khusus menyebarkan virus enterpreneurship ke seluruh Indonesia," lanjutnya.

Putri mengaku mengonsep dan mengemas Creativepreneur Event Creator semenarik mungkin. Itu dilakukan karena menilai anak-anak muda cenderung mengutamakan kemasan atau penampilan yang menarik.

Putri juga mengatakan ingin mendorong anak-anak muda untuk berani berwirausaha. Dia yakin apa yang dilakukannya bisa menginsipirasi banyak kawula muda. "Saya percaya Indonesia butuh lebih banyak lagi anak-anak muda yang kreatif, yang punya enterpreneurship mindset, lebih banyak lagi pengusaha muda, pasti masalah-masalah di Indonesia lebih banyak solusinya," imbuhnya.

Tak ketinggalan, Putri juga menceritakan bahwa dirinya Chief Business Officer (CBO) Kreavi. Dia ingin membantu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam mengemas dan menampilkan produk semenarik mungkin.

"Kreavi, yaitu platform kreatif yang adalah 55 ribu kreatif, bayangkan banyak sekali. Kita sudah bantu juga UMKM untuk mengemas produk mereka, mengajarkan mereka tentang branding dan kreatif," kata Putri. (cni/jpg/van)

 

Editor : van
Uploader : slatem
Penulis : CNN
Fotografer : CNN

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU