Aries Kendalikan ESDM Jatim, Anom Geser Asisten I

Gubernur Khofifah Gelar Mutasi Kali Pertama

  • 13-12-2019 / 13:51 WIB
  • Kategori:Nasional
Gubernur Khofifah Gelar Mutasi Kali Pertama MUTASI PEMPROV: Anom Surahno (kiri) akan dipercaya sebagai Asisten I Pemprov Jatim. (HARY SANTOSO/MPonline)

SURABAYA - Galau dan gelisah campur aduk mewarnai rencana pelaksanaan mutasi Eselon II Pemprov Jatim, 16.30 WIB nanti.

Tidak itu saja. Antar pejabat eselon II saling bertanya ke rekan sejawat, kemana dirinya akan diroling. Karena, mutasi kali pertama pemerintahan Gubernur Jatim Khofifah ini, sulit dicari bocoran kursi yang bakal di dapat.

"Belum tahu. Pokoknya saya kathut (dimutasi)," kilah Indah Wahyuni, Kabiro Pemerintahan kepada MPonline, Jumat (13/12) siang.

Sebagai bukti dirinya di mutasi, Yuyun begitu biasa disapa, menunjukkan undangan pelantikan di HP-nya. Rupanya, undangan mutasi sengaja dilemparkan melalui nomor ponsel masing-masing pejabat.

"Saya juga disuruh membawa berita acara serah terima. Artinya, saya dimutasi dari sini (Biro Pemerintahan)," kilah Yuyun sembari tersenyum renyah.

Sementara itu dari data, yang coba dihimpun dilingkungan Pemprov Jatim menunjukkan, mutasi kali ini dinilai cukup dinamis.

Sebagai contoh, Fattah Jasih Kadishub Jatim sepertinya bakal ditunjuk sebagai Kepala Bakorwil Pamekasan. Penempatan ini dengan pertimbangan agar Fattah bisa leluasa menghandel rencana dirinya maju di Pilkada Sumenep 2020.

Sedang posisi Alwi, yang sekarang Kepala Bakorwil Pamekasan bakal ditunjuk sebagai Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Jatim, yang saat ini sedang kosong.

Sementara itu Setiadjid, Kepala ESDM Jatim agaknya lebih memilih pensiun dini. Atau mengundurkan diri. Sebab, Setiajid ingin konsentrasi dalam pencalonan dirinya di Pilkada Tuban.

Sebagai ganti pejabat ESDM Jatim, agaknya Khofifah Indar Parawansa ingin menguji kepiawaian Aries Agung Paewai. Selama ini, Aries adalah Kabiro Humas dan Protokol Jatim. Benarkah?

"Saya abdi negara. Dimana saja ditetapkan akan saya jalankan dengan rasa tanggung jawab. Tapi, jujur saya belum tahu mau dimutasi kemana," kilah pejabat berdarah Makasar ini.

Data lain yang dihimpun menyebutkan, kursi BPKAD Jatim juga akan dikopyok ulang. Jumadi yang selama ini ada di situ, kabarnya akan digantikan oleh Bobby Sumarasono.

Kursi Kepala Bappeprov Jatim, yang ditinggalkan Bobby akan dipercayakan ke Wahid Wahyudi. Mantan Pj Walikota Malang ini, sekarang adalah Asisten II Bidang Ekbang.

Kemudian Asisten II sepertinya akan dipercayakan ke Jumadi. Benarkah begitu? "Pak Jumadi kalau tidak salah akan ditunjuk jadi Kepala Bakorwil Malang," ujar sumber MPonline.

Jabatan penting lain yang menjadi ajang "perebutan" adalah Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jatim. Kursi yang kini diduduki Anom Surahno akan dipercayakan ke Indah Wahyunim

Sedang Anom akan ditarik ke Sekretariat menjadi Asisten I Bidang Pemerintahan yang kini kosong pejabatnya. (Has)

Editor : Hary Santoso
Uploader : irawan
Penulis : has
Fotografer : has

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU