KPU Kota Blitar Sebut Siklus 10 Tahunan Bikin Pilwali 2020 Makin Sexy

  • 18-01-2020 / 10:26 WIB
  • Kategori:Nasional
KPU Kota Blitar Sebut Siklus 10 Tahunan Bikin Pilwali 2020 Makin Sexy

malangpostonline.com- KPU Kota Blitar menyebut, fenomena siklus 10 tahunan akan terjadi dalam Pilwali Oktober mendatang. Munculnya siklus ini karena ada beberapa profil pemain baru yang akan menambah pertarungan dalam kontestasi politik lebih kompetitif.

Komisoner Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kota Blitar, Edi Saputra memaparkan, dalam Pilwali 2010 ada 1 paslon independent dan 4 paslon yang diusung partai politik. Saat Pilwali 2015, hanya ada 1 paslon independept head to head 1 paslon incumbent.

"Nah dalam Pilwali 2020 ini, siklus 10 tahunan itu akan terulang lagi. Sekarang semua kembali ke titik nol. Semua merupakan pemain baru. Pertarungan lebih kompetitif. Meskipun ada satu profil dalam peta pemain lama ya. Namun dari beberapa yang mendaftar melalui parpol atau sudah menyerahkan mandat operator sebagai calon independent adalah orang-orang baru," kata Edi kepada detikcom, Sabtu (18/1/2020).

Munculnya para pemain baru ini, lanjutnya, akan membuat atmosfer politik makin bergairah. Kontestasi politik masyarakat makin cerdas. Karena masyarakat semakin berani mengambil peran dengan maju sebagai calon independent. Edi menilai, banyaknya calon independent sebagai salah satu indikasi bahwa masyarakat bukan tidak lagi percaya pada partai politik. Tetapi ruang mereka dalam memberikan dukungan lebih beragam.

"Dialektika politik di Kota Blitar lebih masif. Bobot para pemain baru ini tidak main-main. Ini yang membuat potensi gesekan dan konflik akan semakin gampang muncul. Pemilihan Wali Kota Blitar tahun pokoknya lebih sexy," ulas mantan jurnalis media cetak ini.

Sebelumnya beberapa partai politik telah membuka penjaringan bacawali dan bacawawali. Seperti PDIP yang membuka penjaringan khusus untuk kader, setidaknya 5 orang telah mendaftar melalui partai berlambang banteng bermoncong putih itu.

(dtk/bua)

Editor : bua
Uploader : MG
Penulis : DTK
Fotografer : DTK

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU