Menyapa Mbah Salami, 52 Tahun Setia Jualan Baju Bekas di Solo

  • 29-01-2020 / 09:52 WIB
  • Kategori:Nasional
Menyapa Mbah Salami, 52 Tahun Setia Jualan Baju Bekas di Solo

Solo - Sri Salami masih asyik menjahit tepian kain warna biru dengan tangannya. Padahal mendung sudah bergelayut di langit Kota Solo, sore itu, Selasa (28/1).

"Nanti kalau sudah gerimis, dagangan saya baru dimasukkan ke plastik. Kadang kalau tiba-tiba hujan ya terpaksa basah semua," kata Mbah Salami. Ringan saja dia ngomong. Nyaris tanpa beban, apalagi keluh kesah.

Kain bekas yang dia jahit nantinya dijual sebagai kain lap. Mbah Salami memang hanya menjual pakaian-pakaian bekas, mulai dari seragam, topi, sarung dan jenis baju lainnya.

Nenek berusia 78 tahun itu mengaku sudah berdagang baju bekas sejak tahun 1968 atau 52 tahun yang lalu. Tempat jualannya tak berubah hingga saat ini, yakni di Jalan Veteran, depan Bank BRI Syariah, Gajahan, Solo.

Dia menggelar dagangannya setiap hari, mulai pukul 13.00 WIB hingga 17.00 WIB. Salami duduk di tanah kering dekat pohon yang telah ditebang.

"Dulu bangunan belakang saya ini sekolah. Sebelum BRI ini dipakai dealer kendaraan," ujar dia memberikan kesaksian, menunjukkan bahwa dia sudah lama menjadi bagian dari kawasan tersebut.(dtk/bua)

Editor : bua
Uploader : MG
Penulis : Buari
Fotografer : DTK

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU