Mengharukan, ACT Malang Distribusikan Beras Kepada Keluarga Prasejahtera

  • 29-01-2020 / 11:07 WIB
  • Kategori:Nasional
Mengharukan, ACT Malang Distribusikan Beras Kepada Keluarga Prasejahtera Penyerahan bantuan berupa beras untuk keluarga Prasejahtera.

Malangpostonline.com - Aksi Cepat Tanggap (ACT) Malang kembali melakukan distribusi beras dalam program SKPI (Sahabat Keluarga Prasejahtera Indonesia) di Desa Gedangan, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jumat (24/1) lalu. Distribusi ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan keluarga prasejahtera yang kondisi ekonominya masih dibawah kata cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Dalam pendistribusian beras kali ini, penerima manfaat sejumlah dua Keluarga kurang mampu dan latar belakang kondisi ekonomi berbeda. Ada banyak kisah memperihatinkan yang tim ACT dapatkan saat proses distribusi berlangsung. Salah satunya keluarga kakek Suyatno dan nenek Misti yang mengasuh cucunya yang bernama ridho sejak umur 3 tahun yang sudah yatim dan ibunya juga tidak tau dimana.

Kondisi rumah dan toilet keluarga prasejahtera

Mereka tinggal disebuah rumah yang reyot dimana tempat tidur, dapur dan ruang keluarga menjadi satu. Menyedihkannya lagi, rumahnya disekat menjadi dua dan digunakan sebagai kandang sapi milik orang yg dirawat nenek Misti. Pekerjaan mereka setiap harinya hanya menjadi buruh tani tebu dan merawat ternak tetangganya.

Kisah lain penerima manfaat berikutnya dari keluarga kakek Riyadi, berumur sekitar 65 tahun tinggal bersama 2 anak laki-lakinya dan istrinya meninggal 2 tahun yang lalu akibat sakit diabetes yang di alami. Kakek Riyadi Memulung sejak tahun 1995 dan tinggal dirumah yang sangat tidak layak ditempati reyot dan berlubang.

"Saya tidak akan berhenti memulung sampai mati" ucap Riyadi.

Biasanya Kakek Riyadi melakukan aktivitasnya selepas shubuh dan kembali saat menjelang maghrib, pedapatannya hanya Rp 16 ribu rupiah perhari tak cukup untuk makan.

"Saya kadang 4 hari tidak makan, saya kuat kuatin aja. Uangnya buat anak saya beli mie instan, kadang juga nasi sama garam" ucap Riyadi sambal tersenyum dengan mata berkaca-kaca.

Kedepannya program SKPI (Sahabat Keluarga Prasejahtera Indonesia) ini akan terus menyasar para keluarga prasejahtera di Malang Raya agar kisah keluarga Kakek Suyatno dan Riyadi tidak menjadi kisah yang menyesakkan dada kita dan tentu masih banyak sekali keluarga-keluarga prasejahtera lainnya yang membutuhkan kepedulian dan kedermawanan kita semua. (mp4)

Editor : Agiem
Uploader : rois
Penulis : Agiem
Fotografer : Agiem

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU