Kemenkes Bantah WNI Suspect Corona dari Singapura Masuk Batam

  • 09-02-2020 / 20:35 WIB
  • Kategori:Nasional
Kemenkes Bantah WNI Suspect Corona dari Singapura Masuk Batam Kemenkes memastikan enam WNI dari Singapura yang masuk ke Indonesia melalui Batam telah melalui pemeriksaan dan tidak mengalami gejala demam atau sesak napas. (Foto: NOEL CELIS / AFP)

Malangpostonline.com - Kementerian Kesehatan memastikan enam orang warga negara Indonesia (WNI) yang datang dari Singapura melalui Batam bukan suspect virus Corona.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes Achmad Yurianto menanggapi kabar terdapat suspect virus Corona yang masuk ke Indonesia dari Singapura lewat Batam. Kabar itu beredar melalui aplikasi pesan singkat.

"Enam orang tersebut bukan suspect. Protokol WHO menyatakan bahwa suspect tidak boleh melakukan perjalanan lintas negara," ujar Yuriant, dikutip dari CNN Indonesia, Minggu (9/2).

Kata Achmad, pasien yang mendapat status suspect merupakan mereka yang sedang menunggu hasil pemeriksaan keluar dan tidak diperkenankan untuk meninggalkan negara tersebut. Oleh sebab itu, tidak mungkin enam WNI itu dapat keluar dari Singapura apabila menjadi suspect Corona.

Ia dapat memastikan hal tersebut lantaran tim dari dinas kesehatan Tanjungpinang telah bertemu dan melakukan pemeriksaan langsung terhadap enam orang tersebut.

"Hasil pemeriksaan tidak menunjukkan demam dan tidak sesak napas," kata dia.

Pernyataan Kemenkes tersebut mengklarifikasi kabar yang menyatakan bahwa terdapat enam orang WNI suscpect Virus Corona yang telah keluar dari wilayah Singapura dan menuju Indonesia. Disebutkan bahwa dari enam orang itu, setidaknya dua orang di antaranya sudah berada di Indonesia.

Disebutkan bahwa WNI yang diduga terjangkit virus Corona itu masuk melalui Pelabuhan Harbour Bay Batam sejak 4 Februari lalu.

"Kementerian Kesehatan Singapura, Otoritas Karantina Singapura meminta bantuan imigrasi Batam untuk mencari orang-orang tersebut," tulis pesan tersebut.

Sebelumnya, Singapura melaporkan 33 kasus virus corona di negaranya. Virus tersebut telah menewaskan 724 orang, dan sebagian besar korban ada di China, sumber penyebaran corona.

Saat ini Singapura berada di level ketiga dari empat level kewaspadaan. Level oranye berada di bawah level merah.

Singapura dikabarkan menaikkan tingkat kewaspadaan di tengah meningkatnya jumlah korban virus corona. Singapura juga sebelumnya mencabut izin bebas transit kepada para wisatawan dari China yang datang ke negaranya. (mjo/gil)

 

PENTING! Baca Ini:

https://m.malangpostonline.com/bisnis/lowongan-kerja

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-baris

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-properti

 

Editor : bua
Uploader : slatem
Penulis : CNN
Fotografer : CNN

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU